Bantu Peralatan Tangkap Ikan, Pemprov Kalsel Tingkatkan Kesejahteraan Nelayan

  • Whatsapp

Wartaniaga.com,Banjarbaru– Pemerintah Provinsi Kalsel melalui Dinas Kelautan dan Perikanan mendorong peningkatan kesejahteraan nelayan di daerah pesisir pantai.

Kadis Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalsel, M Fadhli mengatakan peningkatan kesejahteraan tersebut dilakukan dengan membantu peningkatan volume kapal beserta peralatan menangkap ikan kepada para nelayan.

“Bantuan yang telah diberikan pada tahun 2018 tersebut berupa peningkatan volume kapal nelayan dari yang sebelum dibawah 10 gross tonnage menjadi diatas 10 gross tonnage ,” katanya kemarin

Selain meningkatkan volume kapal, nelayan di daerah pesisir Kalsel juga mendapatkan bantuan peralatan menangkap ikan di laut. Dengan bantuan peningkatan volume kapal nelayan maka daya jelajahnya di laut juga meningkat.

BACA JUGA:  Bupati Sukamta Serahkan Bantuan BPUM kepada 1.610 UMKM di Tanah Laut

“Sehingga hasil tangkapan ikan dapat lebih banyak dibawa pulang,” harapnya.

Bantuan tersebut diinisiasi langsung oleh Gubernur Kalsel setelah bertemu dengan sejumlah nelayan yang mengharapkan kesejahteraan nelayan dapat meningkat bila hasil tangkapan lebih banyak.

Bantuan peningkatan kemampuan menangkap ikan juga didasari semakin banyaknya kebutuhan konsumsi ikan di Kalsel.

Pasalnya jumlah penduduk juga semakin bertambah sehingga kebutuhan ikan akan bertambah pula, kalau area tangkap nelayan itu-itu saja maka hasilnya tidak akan meningkat namun dengan bantuan peningkatan volume kapal akan meningkatkan daya jelajah atau area tangkapan di laut.

Pos terkait