Diyang Kinjut, Berawal dari Rias Penganten Sukses Kembangkan Sasirangan Bordir

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Banjarbaru – Kreativitas manusia tidak bisa dibatasi untuk menghasilkan produk yang mempunyai nilai jual. Hal tersebut dialami sendiri oleh Henny Rusilawati, pemilik Rumah Sasirangan Diyang Kinjut, Landasan Ulin, Banjarbaru.

Awalnya, Henny hanya iseng memadukan tatanan usaha merias penganten lebih baik, dengan mendesain kain sasirangan yang berkelas.Karena saat itu kain Sasirangan hanya dikemas dalam bentuk kain oleh-oleh semata untuk wisatawan yang berkunjung ke Kalimantan Selatan.Namun siapa sangka desainnya mengemas sasirangan memadukan bordir, disambut baik pasar dan termasuk wisatawan.

Henny bercerita, awalnya dia hanya ingin membuat kain sasirangan menjadi sebuah karya yang memiliki nilai jual lebih. Dia akhirnya membuat kerajinan sasirangan bordir yang sedikit berbeda dengan kain kebanyakan. Tentunya ia tetap mengedepan produk kreativitas itu mengangkat kearifan lokal Banjar.bersama rekannya-pun langsung bergerak dan memasarkan produk tersebut kepada tetangga dan teman.

BACA JUGA:  Telur Aluh-Aluh, Diminati Tapi Terbatas Produksi

“ Awalnya sebagai perias penganten, melihat potensi kain sasirangan yang begitu bagus dan khas Banjar, mengapa tidak kita kembangkan dengan baik termasuk membuat gaun sasirangan.Apalagi banyak yang menginginkannya. Tercetuslah ide untuk membordirnya sehingga menjadi gaun yang elegan. Sejak itulah kita terus kembangkan sasirangan bordir.” ujar Henny saat ditemui di galeri Sasirangan Diyang Kinjut, Landasan Ulin Banjarbaru,Sabtu siang (12/09/2020).

Pos terkait