BPN Tala Gelar Pelatihan Puldatan PTSL – PM Tahun 2020

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Pelaihari – Agar terpenuhi target jumlah dan waktu dalam pengumpulan data, Badan Pertanahan Nasional ( BPN ) Kabupaten Tanah Laut adakan Pelatihan Pengumpulan Data Pertanahan ( Puldatan ) Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap ( PTSL )-PM Berbasis Pastisipasi Masyarakat Tahun 2020. ( 16/09/2020 )

Dengan menggunakan standart Protokol Kesehatan Covid-19, Pelatihan yang dilaksanakan di Gedung Balairung Tuntung Pelaihari tersebut di ikuti oleh 100 orang perwakilan dari 10 Desa yang ada di Tanah Laut.

Kepala Badan Pertanahan Nasional ( BPN ) Tanah Laut, Syamsu Wijana, S.SiT. MSi mengatakan PTSL merupakan program kerja Kementrian Agraria dan Tata Ruang ( ATR ) Badan Pertanahan Nasional yang bertujuan mempercepat pendaftaran tanah di seluruh wilayah Indonesia.
Untuk Tanah Laut arget yang harus dicapai terdiri dari 20 ribu bidang yang tersebar di 10 Desa, untuk itu pada masing-masing desa dibentuk 10 Puldatan yang terdiri dari berbagai kalangan, mulai dari Kepala Desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Tokoh Perempuan dan beberapa warga lainya di desa tersebut.
” Masing – masing desa mempunyai target dua ribu ” ucap Syamsu Wijana.

BACA JUGA:  Wahid Kembali Nahkodai Partai Golkar HSU

Ditambahkannya, selain agar terpenuhi target jumlah dan waktu, pelatihan juga bertujuan agar para Puldatan memahami  tugas-tugas apa yang harus mereka kerjakan.
” Banyak manfaat dari PTSL, antara lain perlindungan hukum atas hak tanah, mencegah sengketa dan konflik pertanahan, peningkatan kesejahteraan masyarakat serta kemakmuran ekonomi negara ” jelasnya.

Penulis : Tony Widodo

Pos terkait