7 Desa di HSU dan Balangan Diikutkan Program Penguatan Pengrajin Peduli Gambut

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Amuntai – Yayasan Rahim Bumi yang bermitra dengan Badan Restorasi Gambut (BRG) Dispersip, Disperindagkop dan Dekranasda Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menggelar Launching program penguatan kelompok pengrajin Desa Peduli Gambut.

Sedikitnya 7 kelompok pengrajin dari 7 Desa Peduli Gambut di Kabupaten HSU dan Kabupaten Balangan hadir dalam kegiatan yang ditunjukkan untuk meningkatkan produktivitas dan kebersamaan para pengrajin di desa peduli gambut.

Manager Yayasan Rahim Bumi, Farid Majid mengatakan kegiatan tersebut untuk memperkenalkan terkait program penguatan kelompok pengrajin desa peduli gambut.

“Khususnya di 7 desa di HSU dan Balangan yang selama ini melaksanakannya.” Ujar dalam sambutannya.

Ia menjelaskan melalui program tersebut, keahlian dan hasil kerajinan baik mulai dari kerajinan sasirangan berbahan alami sampai dengan kerajinan purun dan lain sebagainya diharapkan mendapatkan dukungan pengembangan dari pemerintah daerah.

BACA JUGA:  Bantu Peralatan Tangkap Ikan, Pemprov Kalsel Tingkatkan Kesejahteraan Nelayan

Pihaknya berfokus pada penguatan kapasitas kelembagaan dan teknis para pengrajin, sehingga para kelompok pengrajin ini dapat solit dan dapat memanfaatkan berbagai kesempatan yang ada.

“Kita harap mereka (para pengrajin) mampu melihat peluang untuk mengembangkan usaha mereka,” ucapnya.

Tambahnya dengan meningkatkan teknis salah satunya pengembangan kerajinan sasirangan berbahan alami, pihaknya juga punya komitmen untuk kelestarian lingkungan, perubahan iklim dan krisis global menyangkut lingkungan di Kalimantan.

Sementara itu, Kabid Perindustrian Disperindagkop HSU M. Yani mengaku menyambut baik program yang digagas yayasan Rahim Bumi dan BRG dalam rangka menuju kabupaten HSU yang Mantap (Maju, Mandiri, Sejahtera, Agamis dan Produktif)

Pos terkait