Komisi II DPRD Harapkan Bank Kalsel Meningkatkan KUR Untuk Nelayan

  • Whatsapp

Wartaniaga.com,Banjarmasin- Komisi II DPRD Provinsi Kalsel meminta Bank Kalsel lebih meningkatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) terhadap masyarakat pesisir terutama yang berprofesi nelayan.

Anggota Komisi II DPRD Provinsi Kalsel, M Yani Helmi atau Paman Yani mengatakan hal tersebut dilakukan agar perekonomian masyarakat khususnya nelayan dapat bangkit akibat pandemi Covid-19.

“Di pelabuhan perikanan hasil ikan melimpah, namun daya beli turun,” kata Paman Yani, Kamis (2/7).

Pihaknya telah meminta kepada stekholder terkait terutama dinas kelautan perikanan dan UPTD Pelabuhan agar memperhatikan ini dengan menyelaraskan harga ikan agar bisa mendongkrak daya beli masyarakat sehingga program Gubernur gemar makan ini kembali digaungkan dan diimplementasikan seluruh lapisan masyarakat.

BACA JUGA:  Lomba Foto 'Ala' Jurnalis Balai Kota Juga Meriahkan Hari Jadi Kota Banjarmasin

“Kualitas vitamin dan protein ikan ini bagus untuk meningkatkan imun tubuh, sehingga baik untuk menangkal Covid-19,” ujarnya.

Opsi lainnya adalah selain harus gemar makan ikan, karena hasil tangkapan yang melimpah maka solusi untuk mengolah ikan berkemasan seperti ikan asin dan olahan lainnya yang produktif.

Selain itu pengolahan ikan harus lebih ditingkatkan, baik dengan cara dijadikan ikan kaleng maupun dengan ikan asin agar produktivitas tetap berjalan melahirkan inovasi baru.

Apabila hal tersebut bisa dikembangkan maka tidak mustahil perekonomian rakyat sektor UMKM kembali menggeliat dan menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan meminta agar permodalan untuk Kredit Usaha Rakyat (KUR) ditingkatkan oleh Bank Kalsel

BACA JUGA:  Yuk Ibadah Qurban Bersama DT Peduli

“Kami minta bank kalsel support UMKM ini dengan suku bunga rendah,” harapnya.

Dengan dukungan program KUR oleh Bank Kalsel sebagai perbankan daerah, masyarakat yang terkendala permodalan dalam mengembangkan usahanya dapat terbantu dengan adanya hal tersebut.

Dirnya juga mengharapkan hasil olahan ikan laut ini dengan berbagai aneka kreatifitasnya bisa menjadi oleh-oleh buah tangan khas Kalsel.

Penulis : Aditya

Pos terkait