Tambak Udang dan Sawit Potensi Masa Depan di Pasangkayu

Menteri Perikanan dan Kelautan Republik Indonesia, Edhy Prabowo

Wartaniaga.com,Pasangkayu – Meski usianya terbilang muda, Pasangkayu terus bergerak secara dinamis melalui pemanfaatan ragam potensi yang dimiliki dalam rangka akselerasi pembangunan. Kabupaten ini memiliki potensi unggulan yakni Perkebunan kelapa sawit yang luasnya mencapai 100.084 hektare.

Namun selain sawit, Pasangkayu juga menyimpan potensi kekayaan alam yang melimpah.  Daerah ini menggeliat perekonomiannya, setelah dipercayakan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk jadi daerah budidaya udang Vaname.

Tak tanggung-tanggung, lahan seluas 13 ribu hektare pun sudah dipersiapkan di sepanjang pesisir kabupaten. Sejatinya Pasangkayu yang memiliki panjang garis pantai 151 km dengan potensi tambak ikan sekira 13.000 hektare ini menjadi lahan yang pas untuk membudidayakan kualitas udang yang berasal dari Hawai dan Florida (Amerika Serikat).

Menteri  Perikanan dan Kelautan Republik Indonesia, Edhy Prabowo, mengatakan tambak udang merupakan masa depan Pasangkayu. Jika dikelola dengan baik selaras dengan perkebunan sawit, maka dua komoditas ini mendongkrak positif laju pertumbuhan ekonomi dan memberikan kontribusi bagi perkembangan daerah.

“ Tentunya ini menjadi kunci perputaran ekonomi yang baik.Potensi sawit yang selaras dengan industri pertambakan udang Paname. Kementerian KKP sendiri sesuai instruksi Bapak Presiden sebesar Rp.1 triliun, bisa diserap melalui kredit untuk budidaya tambak udang ini.Semoga bisa diakses dengan baik,”, kata Edhy Prabowo, saat berkunjung ke Pasangkayu, meresmikan Tambak Udang Vaname PT. Randomayang Tambak Lestari (RTL) di Desa Randomayang, Selasa (9/6).

Eddhy sendiri sengaja membawa empat Dirjen ke Pasangkayu yaitu Dirjen Budidaya, Dirjen Pengawas Sumber Daya Kelautan, Dirjen Perikanan Tangkap, dan Dirjen Pengelolaan Ruang Laut, sehingga nantinya bisa mendengar langsung kebutuhan apa saja yang  diperlukan di Kabupaten Pasangkayu untuk memajukan Budidaya Vaname.

Pos terkait

banner 468x60