HSU Terapkan Prokes di Rumah Ibadah

  • Whatsapp

Wartaniaga.com,Amuntai- Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) bersama Kementerian Agama dengan dibantu Tim Indra BPBD dan KNPI HSU melakukan pengaturan jarak di Mesjid Fardhatul Jannah Desa Kota Raja, Amuntai Selatan.

Kegiatan ini dalam rangka penerapan protokol kesehatan (prokes) di rumah ibadah, untuk melaksanakan panduan penyelenggaraan kegiatan keagamaan di rumah ibadah sesuai Surat Edaran Menteri Agama Nomor 15 Tahun 2020. Dimana salah satu ketentuannya adalah pengaturan jarak dan pengaturan jumlah jemaah. Penerapan protokol kesehatan Covid-19 ini bertujuan untuk pencegahan penyebaran Covid-19 dan perlindungan terhadap masyarakat dari risiko ancaman dan dampak virus tersebut.

Menurut Sekretaris BPBD HSU Drs. Rahmadi Permana,  kegiatan seperti ini sudah beberapa kali dilaksanakan oleh Gugus Tugas dengan tujuan memberikan pemahaman dan kesadaran kepada masyarakat tentang pentingnya upaya pencegahan atas penyebaran virus corona terutama pengaturan jarak saat beribadah.

BACA JUGA:  Desa Banyu Hirang Terpilih Jadi Kampung Tangguh HSU

“Kegiatan ini  untuk memberikan kesadaran bagi masyarakat khususnya di masjid, yang kali ini kita memberikan pengaturan jarak antar shaf. Diharapkan menjadi  contoh bagi rumah-rumah ibadah lainnya” ujarnya, Rabu (17/6) sore.

Kementerian Agama yang menugaskan Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat, H. Nasrullah menyampaikan ucapan terima kasih atas kesadaran dan kemauan pengurus dan jemaah mesjid di Desa Kota Raja ini untuk menerapkan protokol kesehatan di rumah ibadah. “Alhamdulillah, masyarakat memahami dan mengerti serta bersedia melakukan pengaturan jarak untuk Sholat Lima Waktu dan Sholat Jum’at,”ucapnya.

Pos terkait