Cara Korban PHK Dapat Bantuan Rp700 Ribu dari Diaspora

Pasalnya, program bantuan ini memiliki konsep keluarga ke keluarga ‘one family to one family’ sehingga memungkinkan jalinan kedekatan yang membuat donatur mungkin ingin memberi bantuan yang lebih panjang. Hanya saja, syarat nominal tetap kelipatan US$50 per bulan.

“Kalau donatur mau kasih sampai 12 bulan ke satu keluarga kena PHK boleh, tapi kami sarankan kalau ada dana segitu lebih baik diberikan ke empat keluarga, jadi lebih banyak yang terjangkau,” tuturnya.

Beban Transfer Ditanggung Donatur

Dino memastikan tidak ada biaya (fee) untuk masing-masing penyelenggara. Menurutnya, satu-satunya biaya tambahan hanya berupa biaya transfer dari bank donatur ke keluarga korban PHK.

Biaya transfer ini akan ditanggung oleh donatur dan tidak dikurangi dari nominal bantuan kepada keluarga korban PHK. “Jadi rekening asal donatur kan bisa bermacam-macam, ada biaya transfer, mungkin sekitar US$15-20 per transaksi, itu nanti ditanggung oleh donatur karena pemberian dana langsung dari rekening mereka ke keluarga penerima,” ujarnya.

Di sisi lain, Dino memastikan para diaspora yang menjadi donatur merupakan mereka yang masih cukup mampu dan mendapat penghasilan tetap di masing-masing negara. Program ini tidak meminta bantuan dari para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang mungkin cukup kesulitan juga di masa pandemi.

“Kami tidak minta ke para TKI karena mungkin mereka juga kesulitan. Yang kami targetkan memang yang masih berpenghasilan baik,” pungkasnya.

Reporter : Mamay
Editor : Riki
Foto : Hesti Rika

Pos terkait

banner 468x60