Kadishut Kalsel, Jokowi Tanam Pohon Endemik Mersawa

  • Whatsapp
Kadishut Kalsel, Jokowi Tanam Pohon Endemik Mersawa
L

Wartaniaga.com,Banjarbaru- Serangkaian momentum Hari Pers Nasional (HPN) 2020 Kalimantan Selatan, Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo menanam pohon endemik jenis Merwasa atau dengan nama latin Anisoptera marginata Korth.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepal dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan Hanafi Faisol Nuroqin sekitar 168 pohon endemik ditaman oleh Presiden RI bersama wartawan pada perhelatan acara HPN.

Jokowi Tanam Pohon Endemik Mersawa

“168 pohon endemik ditaman yang disiapkan oleh seluruh Provinsi Indonesia, dan kementrian Lingkungan dan Kehutanan RI,” ucapnya, Sabtu (8/2).

Ia menjelaskan terkait penanaman pohon lainnya seperti pohon Sengon berjumlah 18 ribu pohon yang turus ditanam dalam perhelatan HPN Kalsel 2020.

BACA JUGA:  Bank Kalsel Bantu 2 Unit Gazebo untuk Pemkab Tanah Bumbu

“Pohon Sengon 18 ribu, karena luas wilayah penanam seluas 6,3 hektar,” ujarnya.

Kadishut Kalsel, Jokowi Tanam Pohon Endemik Mersawa2

Lanjutnya, terlebih khusus penanaman pohon Merwasa adalah pohon endemik yang tumbuh pada daerah beriklim tropis dataran Kalimantan Selatan.

“Keberlangsungan pohon mampu tumbuh hingga 200 tahun lebih, dan mencapai 50 meter sampai 60 meter,” katanya.

Kadishut Kalsel, Jokowi Tanam Pohon Endemik Mersawa3

Itupun dengan perawatan dan pemeliharaan secara teratur, sehingga keberlangsungan hidup pohon Merwasa dapat bertahan lama dan tidak mengalami kematian.

“Gubernur Kalsel mengharapkan pohon endemik Merwasa menjadi ikonik Kalimantan Selatan,” bebernya.

Hal ini tentunya ada perhatian khusus dari Pemerintah Pusat untuk menambah prestasi yang telah diperoleh, dan memiliki nilai yang sangat membanggakan.

Reporter : Aditya
Editor : Erwand
Foto : Aditya

Pos terkait