Cegah Erosi, Pemkab Kotabaru Bersama Polres Tanam Rumput Vetiver

  • Whatsapp
L

Wartaniaga.com, Kotabaru- Cegah terjadinya erosi dan tanah longsor, Pemerintah Kabupaten Kotabaru tanam 25 ribu rumput Vetiver bersama jajaran Kapolres Kotabaru.

Bupati Kotabaru, Sayed Jafar mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan tanam rumput Vetiver, kegiatan ini dalam rangka peduli terhadap lingkungan, dengan melakukan penanaman rumput Vetiver ini adalah merupakan sebagai bentuk plestarian lingkungan kita.

“Atas nama pemerintah daerah saya ucapkan terimakasih kepada Kapolres kotabaru beserta jajarannya yang sudah melaksanakan kegiatan peduli terhadap lingkungan dan sekaligus penanaman rumput Vetiver ini,” ungkap Sayed.

Bupati Sayed Jafar berpesan, untuk selalu besama-sama menjaga lingkungan dengan cara terus melakukan penghijauan dan pelestarian alam, khususnya di Objek wisata yang ada di kotabaru.

BACA JUGA:  Partai Gerindra Kalsel Resmi Usung Pasangan Ovie dengan Syahriani

“Marilah kita bersama-sama menjaga dan memelihara rumput Vetiver ini,” ujar Sayed Jafar.

Dalam kesempatan itu, Kapolres kotabaru AKBP Andi Adnan Syafrudddin, SH.SIK.MM mengatakan hutan merupakan sumber kehidupan masyarakat, dengan diadakannya kegiatan peduli dengan lingkungan merupakan perintah dari pemerintah pusat untuk mencegah erosi dan longsor. Dalam hal ini, Presiden Republika Indonesia Joko Widodo juga menggelar peduli penghijauan rumput vetiver di Bogor.

“Beberapa waktu yang lalu Presiden Jokowi juga menggelar menanam rumput Vetiver ini di Bogor, tujuannya untuk mengurangi resiko Erosi dan Longsor” ucapnya.

Lanjutnya, Kegiatan ini merupakan perintah langsung dari Presiden, sehingga bibit rumput Vetiver yang ditaman di bawa langsung dari Bogor.

BACA JUGA:  Angka Harapan Hidup Kalsel Meningkat jadi 68,66 Persen

Harapnya, rumput Vetiver ini berguna untuk mengurangi bahkan mencegah terjadinya erosi/ longsor di Bukit Mamake,

Bukit mamake ini juga  merupakan objek wisata serta bermanfaat bagi masyarakat sekitar, dan dapat menumbuhkan perkembangan perekonomian.

Dalam acara peduli terhadap lingkungan ini juga dihadiri oleh Sekda kotabaru, Ketua DPRD Kotabaru yang mewakili, Kapolres kotabaru, Danlanal Kotabaru, Dandim 1004/kotabaru, Kepala SKPD terkait, Camat Pulau Laut Sigam, PT Arutmin Indonesia, Kepala Dinas kehutanan provinsi yang mewakili, ketua Bhayangkari Polres Kotabaru, dan seluruh perwira Polres Kotabaru beserta staf, Kepala Desa sarang tiung, tokoh masyarakat dan tamu undangan.

Reporter : Zainudin
Editor : Mukta
Foto : Zainudin

L

Pos terkait