Awas Air Kemasan Dapat Sebabkan Stunting

  • Whatsapp
air
L

Wartaniaga.com, Banjarbaru – Melalui Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 55, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarbaru ingatkan masyarakat setempat untuk berhenti konsumsi air mineral yang tak layak minum guna mencegah angka stunting (Kekerdilan) di Banjarbaru meningkat.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Banjarbaru, Rusmadi, SKM., M. Kes, mengatakan, hal tersebut bertujuan agar masyarakat sadar akan bahayanya air mineral yang tidak dimasak karena ternyata mempunyai efek besar dalam pertumbuhan anak nantinya. Bahkan, terkhusus untuk ibu hamil juga disarankan lebih mengonsumsi air yang sudah dimasak.

“Yang menyebabkan itu karena airnya yang tak direbus, ini bisa menyebabkan pertumbuhan anak terhambat,” ujarnya kepada Wartaniaga.com saat dihubungi via ponsel, Minggu (01/12).

BACA JUGA:  Kecelakaan Beruntun, Satu Truk Masuk Kebun Sawit

Ia melanjutkan, apabila air yang memang tidak dimasak bukan hanya membawa pada penyakit, akan tetapi, bisa mengakibatkan infeksi dalam perkembangan pertumbuhan otak serta tumbuh kembang anak.

Tingkatkan Sosialisasi GERMAS

“Maka dari itu, kami akan tingkatkan lagi tuk sosialisasi GERMAS itu sendiri,” tuturnya.

Ia mengungkapkan, air mineral yang dianggap bisa melegakan dahaga ternyata dapat merugikan masyarakat, mulai dari gejala berbagai penyakit, salah satunya stunting itu sendiri dan berimbas bukan hanya pertumbuhan tapi juga perkembangan konsentrasi anak, bahkan parahnya dapat membuat kepercayaan diri akan berkurang.

“Jadi untuk antisipasi itu, masyarakat kami himbau untuk tidak konsumsi air mineral dan ini sesuai arahan dari Walikota Banjarbaru,” pungkasnya.

BACA JUGA:  Generasi Milenial Memimpin Pelestarian Bekantan dan Lahan Basah

Reporter : Riswan
Editor      : Muhammad Zahidi
Foto        : Riswan

L

Pos terkait