5 Wisata Berbasis Sungai di Kota One Thousand River

  • Whatsapp
banjarmasin

Wartaniaga.com, Banjarmasin – Banjarmasin yang dikenal dengan sebutan Kota Seribu Sungai tentu memiliki unsur pariwisata yang identik dengan sungai tersebut, terlebih sungai menjadi wadah aktivitas utama masyarakat zaman dahulu hingga sekarang, utamanya dalam bidang perdagangan dan transportasi. Sungai-sungai yang membelah kota ini, diupayakan sebagai magnet ekonomi, khususnya pariwisata.

Belakangan sedikitnya ada beberapa titik pariwisata Sungai yang terdapat di Kota Banjarmasin, mulai dari pariwisata berbasis ekonomi, religi hingga pemukiman penduduk setempat yang layak untuk dikunjungi berbagai pelancong, baik lokal, Nusantara maupun mancanegara.

Tempat wisata wajib dikunjungi di Kalsel

Sebut saja pasar Terapung Tendean, siapa yang tidak mengetahui pasar terapung yang menjajakan buah buahan lokal oleh para wanita yang kerap disebut acil pasar terapung menggunakan perahu khas di dermaga apung Siring Piere Tendean, Banjarmasin Tengah.

Pasar Terapung ini khas didesain sedemikian rupa oleh pihak Pemko Banjarmasin untuk menjadi magnet agar para pelancong dapat menikmati berbelanja sembari menikmati panorama sungai Martapura.

Kabid Pengembangan Pariwisata Disbudpar Kota Banjarmasin, Khuzaimi mengatakan prinsip pemerintah adalah melakukan pembinaan kepada siapa saja yang mau menjadi acil pasar terapung di Siring Piere Tendean dengan mendaftarkan diri untuk dilakukan pembinaan acil pasar terapung.

BACA JUGA:  Ibnu Sina Tambah 5 Wisata Berbasis Sungai di Banjarmasin

Menurut Khuzaimi jumlah acil pasar terapung yang dibina dan terdaftar di Disbudpar sejumlah 70 orang dan angka tersebut merupakan jumlah maksimal untuk pedagang acil pasar terapung untuk di Siring Piere Tendean.

Kemudian Menara Pandang, Walaupun tergolong baru bangunan yang menjulang tinggi di tepian Sungai Martapura ini turut menjadi magnet tersendiri bagi kota Banjarmasin.

Masih dari Khuzaimi, ia mengungkapkan, gedung yang terletak di Jalan Piere Tendean itu saat ini sudah memiliki kegunaan dan fungsi masing masing, semuanya ditujukan untuk kepentingan publik.

“Sebut saja lantai 4, lantai paling atas ini diperuntukkan kepada masyarakat yang mau melihat views sungai Martapura di Banjarmasin,” bebernya.

BACA JUGA:  Pembatasan Ziarah Saat Pandemi Covid-19 di Makam Datu Abulung

Tidak hanya sampai disitu, ketika masyarakat naik keatas lantai dua, maka akan menemukan galery foto, dimana galeri tersebut ditujukan untuk seluruh warga Banjarmasin.

“Foto foto yang dipajang pun unik unik, semua tentang kota Banjarmasin ada disana,” ungkapnya.

Menurut Khuzaimi yang lebih eksklusif terletak di lantai tiga bangunan itu, pada lantai tersebut diungkapkannya terdapat ruangan smart city yang berbasis perkembangan dan kemajuan teknologi. “Nah di ruangan ini fasilitas smart city dapat dirasakan oleh warga Banjarmasin,” katanya.

Lain Pasar Terapung, lain Menara Pandang, lain lagi Kampung Hijau, Kampung ini turut menjadi tempat wisata di Banjarmasin. Sebuah kampung yang berderet di pinggiran sungai martapura terbentang sepanjang 800 meter, dengan corak warna hijau setiap rumahnya.banjarmasin2

“Untuk melihat panorama kampung ini, kita harus memakai kelotok (perahu khas Banjarmasin), dari dermaga Menara Pandang atau dermaga Patung Bekantan yang menyisiri susur sungai Banjarmasin,” papar Jimmy.

BACA JUGA:  Di Desa Sari Utama, SHM Disambut Tarian Kuda Lumping

Ada lagi, Makam Sultan Suriansyah, makam raja pertama Kesultanan Banjar ini meski letaknya tidak tepat ditepi sungai, namun tak jarang wisatawan religi yang menggunakan jasa angkutan sungai untuk menuju ke makam ini.banjarmasin3

Terletak di Jalan Kuin Utara, Kecamatan Banjarmasin Utara, makam ini langsung menghadap ke Sungai yang membelah Kuin Utara dan Kuin Selatan, “terlebih pada saat weekend, masyarakat ramai memanfaatkan jalur sungai untuk menuju ke makam ini,” ujar Khuzaimi.

Terakhir, Maskot Patung Bekantan, titik pariwisata ini juga menjadi objek kunjungan pelancong di Banjarmasin, terletak tepat di Kelurahan Sungai Baru, patung ini menghadap ke Sungai Martapura yang membelah jantung kota Banjarmasin.banjarmasin3

Tak jarang masyarakat yang memanfaatkan tempat tersebut sebagai wadah bersantai akhir pekan, bahkan ada pula yang menjadikan tempat tersebut untuk wahana spot foto untuk mengabadikan perjalanan mereka di Banjarmasin.

Editor/Foto : Muhammad Zahidi

Pos terkait