Loading...
8 views

KPDBU Solusi Tepat Membangun Gedung Pemerintahan

Loading...

Wartaniaga.com,Pelaihari- Pemerintah Kabupaten Tanah Laut (Tala) berencana akan membangun gedung pemerintahan layanan publik terpadu menggunakan skema Kerjasama Pemerintah Dengan Badan Usaha ( KPDBU ). Hal ini terungkap saat  pemkab Tala mengelar Konsultasi Publik Pembangunan Gedung Pemerintahan dengan Layanan Publik Terpadu di gedung Balairung Tuntung Pandang Pelaihari, Kamis ( 25/7 )

Bupati Tala, Sukamta menyampaikan selama ini pihaknya  banyak mendapat keluhan dari masyarakat terkait pelayanan  Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil ( DISDUKPENCAPIL ) karena kondisi Bangunan SKPD pelayanan tersebut yang sempit dan kurang memadai.

“Letak kantor berdekatan dengan pasar membuat lalu lintas dan parkir kurang tertata dan semrawut, begitu juga dengan keadaan Dinas Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu Satu Pintu ( DPMPTSP ) Tala yang kurang layak untuk dijadikan tempat perizinan bagi investor” ungkapnya

BACA JUGA:  Dinas Pertanian Tala Dorong Petani Berwirausaha

Ditambahkannya, kantor Sekda Tala juga nilainya kurang layak, dimana ruangan Wakil Bupati dan Sekda sangat sempit dan kecil, bahkan dipenuhi oleh tumpukan berkas.

Untuk itu, Bupati merencanakan akan membangun gedung ketiga SKPD itu secara berdekatan. “Mempercepat koordinasi strategis maka ke tiga SKPD tersebut wajib berdekatan agar semua lebih mudah dan cepat” ujarnya.

Ditambahkan Sukamta, skema pembangunan dengan KPDBU memiliki banyak keuntungan diantaranya mengurangi kompleksitas pengeluaran biaya konstruksi,operasi dan pemeliharaan proyek seharusnya dibayar pemerintah daerah seluruhnya dilimpahkan ke badan usaha yang bekerjasama dengan pemerintah daerah tersebut.

Namun KPDBU memiliki konsekuensi yaitu pemerintah daerah melakukan kerjasama dengan badan usaha harus memiliki komitmen dalam jangka waktu panjang atau sepanjang umur proyek.

BACA JUGA:  Pemprov Kalsel akan Menata Makam Datu Kelampayan

“ Jika nanti proyek tersebut terealisasi, maka pemkab Tala menjadi Kabupaten pertama atau pilot project dalam pembangunan menggunakan skema KPDBU” papar Bupati seraya menambahkan cara ini merupakan solusi tepat bagi kabupaten/ kota yang ingin membangun gedung pemerintahannya.

Loading...

Reporter : Toni Widodo

Editor : Didin Ariyadi

Foto : Toni Widodo

Facebook Comments
Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.