Ini 7 Peluang Sampingan Bagi Mahasiswa

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Banjarmasin- Bagi sebagian besar mahasiswa khususnya yang kost usaha sampingan untuk menambah uang saku sangat diperlukan. Banyak peluang yang dapat dilakukan diwaktu senggang kuliah guna menutupi keperluan uang harian. Dikutip dari dimancy.id, berikut ini 7 peluang usaha sampingan yang dapat dikerjakan mahasiswa.

Pertama,menjadi start up. Sudah tidak terhitung anak muda yang sukses berbisnis yangh satu ini. Meski diperlukan keahlian, namun bisnis dengan membuat aplikasi atau teklnologi sejenisnya terbukti dapat menghasilkan rupiah yang tidak sedikit.

Muat Lebih

Kedua desain grafis, tidak bisa dipungkiri jika sekarang desain promo yang menarik akan mendatangkan omset yang bersar terhadap penjualan sebuiah produk. Nah, bagi anda yang suka mendesain, maka bidang ini dapat menjadi pilihan. Bukan saja produk lokal yang memerlukan desain tetapi juga luar. Anda dapat mencari klien melalui berbagai situs yang menawarkan jasa ini.

BACA JUGA:  Proyek Taman Edukasi, DPRD Merasa Tidak Dilibatkan

Berikutnya, desain website. Istilah dunia tidak selebar daun kelor rupa dijaman sekarang sudah tidak relevan lagi. Nyatanya, internet sudah mendekatkan kita. 64 persen sudah penduduk Indonesia terkoneksi internet yang juga peluang bagi desain website semakin besar.

Keempat, event orgnizer. Bagi mahasiswa yang aktif diberbagai organisasi kampus rasanya sudah tidak asing lagi dengan berbagai kegiatan. Berbekal pengalam itu, tidak salahnya jika anda menyelenggarakan kegiatan di luar kampus. Event skala kecil dapat laksanakan sebulan sekali dan dapat pula melibatkan beberapa rekan mahasiswa lainnya.

Selanjutnya fotografer dan videografer. Untuk yang satu ini walau diperlukan keahlian tetapi semuanya apat dipelajari secara otodidak melalaui berbagai sumber di internet. Banyak dari perusahaan atau produk yang memerlukan gambar atau video yang bagus sebagai sarana promosinya di media sosial atau media lainnya.

BACA JUGA:  Ketua DPRD Kalsel : Saatnya Kalimantan Punya Kereta Api

Pengajar les privat, kalau boleh dibilang untuk yang satu ini ada sejak dulu, banyak dari mahasiswa yang nyambi sebagai pengajar baik itu secara privat atau di lembaga pendidikan. Pilihan yang tepat bagi mahasiswa jurusan pendidikan sebagai sarana pembelajaran sebelum lulus menjadi guru atau pengajar.

Ketujuh, penulis freelance dan penterjemah, saat ini untuk menjadi penulis di Indonesia memang terbilang sulit karena tidak banyak yang memerlukan. Jika dulu masih banyak koran yang menerima opini dari pembaca tapi sekarang sudah tidak banyak lagi. Namun jangan khawatir bagi anda yang pandai menulis serta menerjemahkannya anda dapat mencarinya pekerjaan freelance ini di situs guru.com atau mobrog.com.

BACA JUGA:  SSN Gandeng UMKM Banua untuk Maju Bersama

Editor : Didin Ariyadi

Pos terkait