Ini Langkah BI Kendalikan Inflasi di Ramadhan

  • Whatsapp

Wartaniaga.com,Banjarmasin- Sudah menjadi trend jika inflasi cendrung meningkat saat menghadi hari-hari besar keagamaan termasuk Ramadhan. Demikian dikatakan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Selatan, Herawanto saat rapat koordinasi Tim Penanggulangan Inflasi Daerah (TPID) Kalsel di Banjarmasin, Kamis (25/4).

Untuk itu pihaknya telah menyiapkan berbagai langkah guna mengantisipasi kenaikan inflasi tersebut.  “Menjelang Ramadhan dan Idul Fitri kami telah menyiapkan roadmap yang telah dissesuaikan dengan isu-isu yang saat ini berkembang” ujarnya.

Muat Lebih

BACA JUGA:  Belum Setengah Tahun, Wira Toyota Sudah Capai 80% Target Pemasaran

Menurutnya, hal pertama dalam pengendalian inflasi ini adalah koordinasi antara semua elemen yang terkait.

“ Bukan saja sinergi dalam satu kota atau kabupaten tetapi juga provinsi dan bahkan antara provinsi” katanya seraya menambahkan harus ada pemutahiran data peta surplus defisit komoditas masing-masing daerah menjadi sangat perlu.

Berikutnya, tambah Herawanto,  menghimbau kepada masyarakat untuk bijak belanja, dalam hal ini masyarakat diminta untuk tidak berlebihan dalam berbelanja.  “ Kami juga meminta para ulama dan pemuka agama agar membantu menyampaikan himbauan ini” harapnya.

Ditambahkannya, masyarakat diminta mengkonsumsi  daging beku karena ketersedian dan harganya cukup stabil sehingga  dapat membantu mengendalikan inflasi.

Herawanto juga mengungkapkan salah satu program pengendalian inflasi yang cukup efektif yakni rumah pangan lestari. Dimana  masyarkat dapat memanfaatkan lahan disekitar rumah untuk dimanfaatkan guna menanam komoditas harian.

BACA JUGA:  Ibnu Ajak Hipmi Berkolaborasi

Dan yang tidak kalah penting, bagi Bank Indonesia adalah komunikasi yang intensif terkain inflasi perlu digiatkan diperiode rawannya.

“ Konten informasi mengenai pergerakan harga dan ajakan kepada masyarakat mengenai peduli inflasi menjadi point penting untuk disebarluaskan” terangnya.

Reporter : Edhy Dharmawan

Editor : Y Erwanda

L

Pos terkait