Menebar Manfaat dan Berbagi untuk Wanita Banua

  • Whatsapp
L

Wartaniaga.com-“ Hidup harus bermanfaat bagi lingkungan” prinsip inilah yang kini menjadi pegangan Shinta Laksmi Dewi dalam menjalankan organisasi yang dipimpinnya. Prinsip yang hanya mengandung beberapa kata,  namun tidak semua orang mampu menjalankannya.

Terlebih lagi, organisasi yang dipimpinnya bukanlah organisasi sosial tetapi organsasi profesi, di mana di dalamnya terdapat ratusan pengusaha yang notabennya memiliki prinsip masing-masing. Tapi, ditangan Dewi, Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia ( IWAPI) Kalsel menjadi  organisasi yang solid dan mampu menghasilkan ratusan pengusaha UKM diberbagai daerah di Kalsel.

“ IWAPI adalah organisasi besar, mitra pemerintah dalam memberdayakan perempuan. Sangat disayangkan jika berada di sini tetapi tidak banyak memberi manfaat bagi lingkungan khususnya perempuan banua” ujarnya kepada wartaniaga.com

BACA JUGA:  Prof Wirat Siap Wujudkan Universitas Pertama Jadi Kampus Kelas Dunia

Untuk itulah, lanjut Dewi, fokus program IWAPI bagaimana menambah kapasitas dan kemampuan wanita sehingga mampu berdaya secara ekonomi. Tercatat, saat ini saja IWAPI telah melatih dan membina  300 wanita di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kabupaten Banjar serta kota Banjarbaru untuk menjadi pengusaha UKM.

“ Program cetak 300 UKM wanita ditiga kabupaten itu merupakan percontohan dan kami akan lanjutkan di kabupaten /kota lainnya di Kalsel” terang wanita yang juga wakil ketua di Himpunan Wanita Berkarya ini.

Merayakan HUT IWAPI ke 43 tahun 2018

Bukan itu saja, organisasi yang dipimpinnya sejak 2017 yang lalu ini juga telah membina ratusan petani di kota Banjarbaru dan Kabupaten Tanah Laut dengan memberikan 6 000 lebih bibit papaya delima.

BACA JUGA:  Perjalanan Politik Zairullah, 2 Kali Gagal Pilgub Kini Kembali ke Tanbu

Menurutnya, semangat R.A Kartini patut menjadi panutan bagi wanita sekarang. Perjuangannya untuk mengangkat martabat kaum perempuan telah menginspirasi banyak wanita di masa ini.

“ 60 persen lebih pelaku UKM adalah wanita karena mereka memiliki semangat dan daya juang yang kuat. Dan kami sebagai organisasi wanita sudah seharusnya membantu mendorong semangat itu serta meningkatkan kapasitasnya” tutur ibu 2 anak ini.

Menjadi duta diajang dunia

Ditambahkannya, saatnya Kalsel mengurangi ketergantungan  terhadap pertambangan dan memperkuat sektor ekonomi kreatif dan pariwisata.

“ Jika pemerintah mengembangkan sektor ekonomi kreatif dan pariwisata  akan lebih banyak melibatkan wanita di dalamnya, inilah yang saat ini kami siapkan, bagaimana para wanita dapat berperan disektor itu yang bukan tidak mungkin juga  menjadi bagian penopang ekonomi daerah” katanya seraya menambahakan industry turunannya juga pasti akan ikut berbgerak.

BACA JUGA:  Potret Kecantikan Wanita Dayak di Festival Pesona Budaya Borneo 2

Bagi pemilik usaha transportasi dan angkutan ini, IWAPI bukan sekedar organsasi tempat bersilaturahim sesama pengusaha, lebih dari itu wadah mengabdi, memberi dan saling berbagi menebar manfaat khususnya bagi wanita Banua. Dan berkat dedikasinya inilah, DPD IWAPI Kalsel menjadi organisasi yang paling aktif se Indonesia dalam memberikan pelatihan dan pembian bagi UKM.

Reporter : Deddy Suhendi

Editor : Didin Ariyadi

Foto : koleksi pribadi

L

L

Pos terkait