Celengan Buatan Nagara Jadi Primadona

  • Whatsapp
Celengan karakter khas Hulu Sungai Selatan semakin diminati oleh anak- (wartaniaga.com - Foto: Didin Ariyadi)

WartaNiaga.com, Barabai – Banyaknya pemudik lebaran menjadi berkah tersendiri bagi pedagang mainan, sapu dan celengan di desa Barikin, Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Betapa tidak, saat lebaran mereka kebanjiran pembeli, yang biasanya hanya laku sampai 20 buah sekarang menjadi 2 kali lipat.

Fitri, salah seorang pedagang di kawasan itu mengungkapkan, meningkatnya pemnjualan ini disebabkan karena banyaknya pemudik yang mampir dan membeli barang yang di pajangnya.

“Alhamdulillah saat musim mudik lebaran seperti sekarang penjualan kami meningkat sampai 2 kali bahkan lebih, kalau di hari-hari biasa penjualan paling banyak 20 buah saat ini sampai 40 dan hari ini saja sudah 50 an lebih terjual” jelasnya kepada wartaniaga.com

BACA JUGA:  Dispar Banjarmasin Akan Jadikan Desa Kuin Kacil Sebagai Destinasi Wisata

Lebih lanjut dirinya mengatakan  dari berbagai jenis barang dijual yang paling banyak diminati oleh pembeli adalah celengan dan mainan.

“Celengan buatan Nagara, kabupaten Hulu Sungai Selatan yang banyak dibeli oleh pemudik karena selain unik juga menarik dengan berbagai karakter kartun serta buah.  Ada juga  mainan mobil-mobilan dan kuda –kudaan  yang  dimininati oleh pemudik sebagai  hadiah untuk anak mereka” tuturnya

Menurut Dilla, salah seorang pembeli, menuturkan dirinya tertarik untuk membeli celengan karena bentuknya yang unik serta warnanya yang menarik.

“Membeli ini untuk anak-anak, mengajarkan  mereka belajar untuk menabung. Anak-anak suka karena bentuknya bagus dan unik dari berbagai karakter kartu dan buah-buahan” katanya.

BACA JUGA:  Ketua MUI Kalsel Serukan Shalat Ghaib untuk KH Muhammad Arifin Ilham

Baginya, harga yang ditawarkan pun juga cukup murah jika dibandingkan dengan celengan yang terbuat dari plastik.

“Celengan yang banyak dijual di pasaran harnya sudah 40- 50 ribuan sedangkan di sini masih ada harga Rp.15.000, bentuknya bagus lagi” ujarnya

Bagi para pemudik yang mengarah ke Kabupaten HST, Paringin dan Tabalong pasti akan melewati para pedagang kerajinan ini. Mereka sudah ada sejak pulihan tahun lalu, berbagai macam dagangan mereka jual, mulai dari sapu, mainan dari kayu dan alamanium serta celengan dari tanah.

Harga yang mereka tawarkan terbilang murah, celengan mulai harga Rp. 15.000 sampai dengan Rp. 125.000. Mainan mulai dari harga 20 an dampai dengan 150 an, dan sapu berkisar  50 an saja. Jadi bagi anda yang mudik melewati desa Barikin, jangan lupa mampir untuk membeli kerajinan tangan ini.

BACA JUGA:  Warung Kaum Buka Cabang Kedua

Reporter : ***

Editor : Didin Ariyadi

Foto : Didin Ariyadi

Pos terkait