BPBD Balangan Sosialisaskan Simulasi Penggunaan Apar di Kecamatan Awayan

Wartaniaga.com, Paringin – Kecamatan Awayan gelar Sosialisasi dan Simulasi Wanita Siaga Tanggap Kuat dan Edukatif Terhadap Bencana dan Kebakaran (Wasit Kebenaran) dalam rangka mendukung Keluarga Tangguh Bencana (Katana) di Kabupaten Balangan dengan peserta Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) kemarin, Rabu (19/6/24).

Adapun narasumber utama pada kesempatan ini adalah dari BPBD Balangan yang membidangi penanganan kebakaran dan bencana lingkungan.

Kepala Pelaksana BPBD Balangan H Rahmi memberikan penekanan tentang pentingnya pencegahan dan kesiapan dalam menghadapi bencana kebakaran.

Menurutnya, informasi tentang cara menghindari kebakaran penting disampaikan, seperti pemadaman api awal, penanganan sederhana terhadap kebakaran, dan peran penting keluarga dalam memastikan keselamatan anggota keluarga serta harta benda.

“Sosialisasi juga mencakup langkah-langkah respons darurat ketika bencana kebakaran terjadi. Peserta diajari untuk mengenal alat pemadam kebakaran, cara melaporkan kebakaran kepada petugas, dan strategi evakuasi yang aman,”ujarnya.

Lebih lanjut, sosialisasi ini adalah bagian dari upaya BPBD Balangan untuk memberdayakan masyarakat dalam menghadapi bencana, terutama para ibu TP PKK.

“Kami berharap peserta menjadi lebih tanggap dan siap menghadapi situasi darurat seperti kebakaran,” kata H Rahmi.

Kegiatan ini juga mendapatkan respon positif dari peserta yang merasa lebih siap menghadapi bencana kebakaran dan siaga dalam melindungi keluarga serta lingkungan.

“Sosialisasi ini merupakan langkah positif dalam membangun komunitas yang lebih sehat, aman, dan tangguh dalam menghadapi bencana,” pungkasnya.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan pelatihan penggunaan alat pemadam ringan (Apar).

Reporter : Siti Nurjanah
Editor : Aditya

Pos terkait

banner 468x60