Hadiri Musrenbang RKPD, Ketua DPRD Balangan : Fokus Tingkatkan Pemenuhan Infrastruktur dan Ekonomi

Wartaniaga.com, Paringin – Peningkatan pemenuhan infrastruktur dan perekonomian menjadi fokus pertama dalam pembangunan di Kabupaten Balangan 2025.

Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah Kabupaten Balangan, Rakhmadi Yusni, saat melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) 2024, di Mahligai Mayang Maurai, Kecamatan Paringin, Rabu (27/3/2024) lalu.

Kegiatan ini merupakan serangkaian dari seluruh tahapan siklus perencanaan tahunan yang rutin dilakukan dan menjadi awal dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD).

Sementara itu ,ketua DPRD Balangan Ahsani Fauzan kepada awak media Senin (1/4/24 ) mengatakan, pihak pemerintah saat ini fokus mengupayakan pembangunan lainnya yang juga disampaikan dalam laporannya seperti peningkatan nilai tambah produksi pertanian dan pengembangan pariwisata, peningkatan investasi produk unggulan dan daya saing UMKM serta peningkatan sumber daya manusia.

Kemudian peningkatan tata kelola pemerintahan, percepatan penanganan kemiskinan dan mewujudkan kehidupan sosial, budaya dan agama serta pemerintahan yang harmonis dan kondusif.

Diketahui sebelum Musrenbang ini sudah dilakukan Musrenbang kecamatan dengan menghasilkan usulan sebanyak 1.953 dan setelah melalui forum lintas SKPD tersaring menjadi 1.917 usulan.

Ketua DPRD Balangan Ahsani Fauzan mengatakan perencanaan pembangunan adalah suatu proses untuk menentukan tindakan masa depan yang tepat, melalui urutan pilihan dengan mempertimbangkan sumber daya yang tersedia.

Lebih lanjut dikatakannya, melalui perencanaan pembangunan yang baik, maka perencanaan akan mampu memberikan manfaat dan fungsi sebagai penuntun arah untuk meminimalkan ketidakpastian, inefisiensi sumber daya dan untuk menetapkan standar kualitas.

“Diharapkan pembahasan pada Musrenbang dapat dilakukan maksimal agar kebijakan, program dan kegiatan yang akan dilaksanakan nantinya benar-benar selaras dengan kebutuhan masyarakat,” harapnya.

Untuk itu diperlukan koordinasi, integrasi, dan sinkronisasi antara pelaku pembangunan baik itu pemerintah, swasta maupun masyarakat daerah sehingga terwujud pembangunan yang berkelanjutan, terpadu dan terarah dalam jangka panjang.

Turut hadir pada kegiatan, jajaran Forkopimda Balangan, seluruh kepala SKPD, camat, kepala desa, mitra perusahaan, perbankan, tokoh masyarakat, tokoh agama dan Forum Anak Daerah Kabupaten Balangan.

Reporter : Siti Nurjanah
Editor : Aditya

Pos terkait

banner 468x60