Jaga Keutuhan Berbangsa Bernegara Dapat Dimulai Dari Lingkungan Kerja

Paman Yani (Peci Hitam) Saat Memberikan Sosialisasi Ideologi Pancasial

Wartaniaga.com, Tanah Bumbu- Pancasila adalah warisan budaya paling berharga yang menjadi hak Warga Negara Indonesia saat lahir dari rahim ibu pertiwi. Sebab itu, Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalsel Muhammad Yani Helmi, terus memberikan wawasan tentang nilai-nilai ideologi Pancasila hingga ke pelosok Desa agar tidak luntur.

Seperti ke Desa Mekar Sari, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu, Selasa (14/11).

Antusiasme masyarakat pun sangat tinggi. Buktinya, sosialisasi wawasan kebangsaan dari wakil rakyat akrab disapa Paman Yani itu, bahkan juga dihadiri oleh puluhan manajemen dan karyawan PT Jhonlin Agro Lestari (JAL).

Paman Yani menyampaikan, menjaga keutuhan bangsa bukan saja dilakukan melalui semangat persatuan dalam bermasyarakat, tetapi juga bisa dibawa ke tempat kerja.

“Seperti menjaga kebersamaan antar karyawan, gotong royong, semangat diri untuk memberikan etos kerja yang tinggi. Dengan begitu, output yang dihasilkan untuk perusahaan juga akan luar biasa bagus demi perkembangan perusahaan maupun negara,” ungkap Paman Yani.

Paman Yani menilai, kehadiran manajemen dan karyawan perusahaan yang bergerak di bidang sawit itu juga sangat tepat. Sebab latar belakang karyawan dari berbagai suku dan ras sangat rentan terhadap isu radikalisme. Terlebih menjelang tahun politik seperti saat ini.

“Apalagi kalau bicara tentang sosial media. Kita tidak bisa menahan informasi apa saja yang beredar disana. Lewat sosial media siapa saja bisa masuk sana dan siapa saja bisa melihat,” tutur Paman Yani.

Kebebasan bermedia sosial tersebut, menurut legislator Daerah Pemilihan (Dapil) VI Kabupaten Tanah Bumbu dan Kotabaru itu, memudahkan oknum-oknum untuk menyebarkan berbagai informasi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan, termasuk paham radikalisme.

“Karena karyawan perusahaan ada disini saya sangat bersyukur. Sebab paham-paham radikalisme bisa kita tekan. Apalagi menjelang tahun politik banyak yang memberikan berita-berita hoax, berita ujaran kebencian. Setidaknya kita disini terimbas dari pengaruh-pengaruh orang luar,” ungkap Paman Yani.

Paman Yani berharap sosialisasi tentang ideologi Pancasila yang ia berikan, bisa membentengi diri seluruh tamu yang hadir dari paham radikalisme.

“Berbeda suku bangsa, tetapi kita disini memiliki visi yang sama yakni untuk mencari nafkah, jangan coba-coba mengganggu kenyamanan mereka bekerja dengan memasukkan nilai-nilai ideologi Pancasila,” tegas Paman Yani.

Sementara itu, General Manager PT JAL, Muhammad Husni Thamrin, menilai Paman Yani merupakan sosok idealis yang sudah lama tidak pernah ia jumpai.

“Saya menemukan orang yang betul-betul idealis NKRI dengan falsafah kita Pancasila. Saya juga telah melihat jejak rekam beliau yang memiliki jam terbang tinggi. Ibarat pesawat , kalau jam terbang pilot sudah diatas 35 ribu jam, kita pasti aman dibawanya,”┬áimbuhnya.

Editor : Aditya

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60