Semangat Sumpah Pemuda Diharapkan Mampu Menumbuhkan Rasa Persatuan

Paman Yani (Baju PUtih) Saat Memberikan Sosialisasi Ideologi Pancasila Dengan Masyarakat

Wartaniaga.com, Tanah Bumbu – Momen Hari Sumpah Pemuda yang diperingati setiap 28 Oktober, dimanfaatkan oleh Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalsel Muhammad Yani Helmi, untuk semakin memicu semangat persatuan dan kesatuan bangsa.

Hal itu dibuktikannya melalui kegiatan Sosialisasi Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-nilai Idelogi Pancasila bertajuk “Pancasila dan Semangat Persatuan”, di Desa Mekar Sari, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu, Senin (30/10) sore.

“Tentu saja selain memang untuk melaksanakan tugas kedewanan, kehadiran kami disini untuk menanamkan sekaligus memberikan penguatan terhadap nilai Pancasila sebagai landsan dasar kita dalam bernegara,” ujar wakil rakyat akrab disapa Paman Yani itu.

Melihat maraknya kasus kejahatan geng motor yang terjadi belakangan ini, legislator Daerah Pemilihan (Dapil) Kabupaten Tanah Bumbu dan Kotabaru itu mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga keamaan lingkungan sekitar.

“Dampak ketakutan yang disebarkan oleh geng motor itu memang sangat luas. Untungnya belum sampai ke Tanah Bumbu. Inilah tugas dewan untuk tetap menjaga kokohnya persatuan,” tutur Paman Yani.

Dewan yang membidangi ekonomi dan keuangan itu juga menyayangkan aksi yang membuat gaduh itu. Menurutnya, hal itu jelas berdampak pada perekonomian para pedagang yang biasa mangkal malam hari. Apalagi, sebagian besar anggota geng motor itu berusia remaja yang akan memimpin bangsa kelak.

“Perilaku seperti itu memang tidak patut dicontoh, tetapi jangan juga sampai tersulut emosi. Kita serahkan semuanya kepada aparat Polisi. Tugas kita tetap waspada dan jauhi segala tindak kejahatan,” pesan Paman Yani.

Sementara itu, melihat antusias warga menyambut kehadiran dan paparan yang disampaikan Paman Yani, Ketua RT 004 Desa Mekar Sari, Jariansyah, mengaku sangat bersyukur.

Sebab diakuinya, wawasan tentang kebangsaan yang disampaikan oleh Paman Yani sangat diperlukan oleh warganya di tengah maraknya berita hoax dan kisruh yang terjadi, terlebih menjelang tahun politik seperti sekarang.

“Saya atas nama warga, akan sangat berbahagia dan menyambut baik jika Paman Yani kembali untuk berkunjung kesini,” katanya.

Tidak lupa dalam kegiatan, Paman Yani memberikan kuis untuk memastikan apa yang disampaikannya benar-benar diserap oleh seluruh masyarakat yang hadir.

Editor: Aditya

Pos terkait

banner 468x60