Kantongi 5 Medali, PWI Kalsel Perbaiki Peringkat Porwanas

  • Whatsapp
Zepi, salah satu atlet eSport PWI Kalsel yang mendapat medali
L

Wartaniaga.com, Malang – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalimantan Selatan, berhasil memperbaiki peringkat di ajang Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas).

Di Porwanas XIII Malang, Jawa Timur yang digelar 21 sampai 26 November 2022, atlet PWI Kalsel mampu meraih satu emas, tiga perak dan satu perunggu.

Muat Lebih

Dengan torehan itu, mereka berada di peringkat enam. Naik tiga tingkat, dibandingkan Porwanas XII di Jabar pada 2016 lalu yang berada di urutan kesembilan.

Ketua PWI Kalsel, Zainal Helmie mengaku bangga atas apa yang diraih para atlet wartawan Banua. Menurutnya ini capaian yang cukup memuaskan.

BACA JUGA:  KalSel Lebih Pantas Sebagai Alternatif Ibu Kota

“Alhamdulillah, perjuangan kawan-kawan sudah luar biasa. Ke depan kita perbaiki lagi hingga nantinya bisa masuk 3 besar Porwanas,” katanya.

Ia menyampaikan, lima medali yang diraih Kalsel, dua di antaranya dari cabang Esport. Yakni, perak dan perunggu. “Kita bersyukur, Esport merupakan cabang baru di Malang, tapi kita berhasil meraih dua medali,” ucapnya.

Raihan itu menurutnya menjadi bukti bahwa atlet PWI Kalsel bisa bersaing dengan provinsi lain. “Nanti pada Porwanas 2025 lebih kita siapkan lagi, agar kawan-kawan bisa meraih emas,” ujarnya.

Sementara medali emas yang diraih atlet PWI Kalsel berasal dari cabor catur beregu, kemudian satu tambahan perak dari fotografi. “Saya apresiasi kawan-kawan yang sudah berusaha untuk menjadi yang terbaik,” ucap Helmie.

BACA JUGA:  Kepengurusan NPC Kota Banjarmasin 2021-2026 Dikukuhkan

Ketua Seksi Wartawan Olahraga (Siwo) PWI Kalsel, Irwansyah mengaku bersyukur atas raihan medali pada Porwanas XIII. “Alhamdulillah, kita bisa memperbaiki peringkat,” katanya.

Menurutnya, selain karena kerja keras para atlet dan ofisial, raihan ini juga tidak lepas dari dukungan Pemprov Kalsel tertuana Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor. “Beliau memberi kami semangat yang luar biasa saat melepas atlet pada 15 November lalu,” ujarnya.

Semangat atlet semakin bertambah, ketika keberangkatan mereka dilepas langsung oleh Ketua Kontingen PWI Kalsel, Sandi Fitrian Noor di ruang keberangkatan Bandara Internasional Syamsudin Noor, Minggu (20/11).

Saat itu, putra sulung Gubernur Kalsel, H. Sahbirin Noor ini dengan ramah menyapa seluruh atlet dan memberikan motivasi.
Porwanas Malang Raya dibuka Menteri Olahraga RI, Zaunudin Amali, dan ditutup oleh Ketua Umum PWI, Atal S Depari, bersama di Gedung Graha Cakrawala, Universitas Negeri Malang.
Porwanas kali ini, mempertandingkan 10 Cabang Olahraga (Cabor) yakni Bridge, Catur, Tennis Meja, Tenis Lapangan, Bulutangkis, Sepakbola, e-sport, Billiar, Atletik, dan Futsal. Juga menambahkan dua cabor ekshibisi yakni senam dan tenis meja ibu-ibu atau IKWI.
Porwanas XIII digelar di Kota Malang dan Kota Batu di 19 tempat. Merupakan Pesta olahraga untuk wartawan bagi anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) diikuti 1.300 atlet yang didampingi 900 orang ofisial. Pesta olahraga tersebut juga melibatkan Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) yang berjumlah kurang lebih sebanyak 3.000 orang

BACA JUGA:  Menpora akan Paparkan Implementasi DBON di Konkernas PWI se-Indonesia

Editor: Aditya

Pos terkait