Dispora Kalsel Gelar Tes Fisik Atlet Untuk Cabang Unggulan

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Banjarmasin – Sebanyak 63 atlet dari sepuluh cabang olahraga dengan didampingi pelatih mengikuti tes fisik pertama di Gor Hasanuddin HM, Sabtu siang (04/05/2022).

Kegiatan ini dipandu langsung oleh pemilik naungan perkumpulan pelatih fisik indonesia, Kelana Kaya.

Seperti biasanya, tes fisik ini sendiri meliputi daya tahan atlet dengan menggunakan metode VO2 Max. Tes fisik ini sebagai bentuk tolak ukur perkembangan stamina atlet selama mengikuti pemusatan latihan.

“Hari ini kita telah selesai melaksanakan tes fisik atlet didampingi pelatih, salah satunya untuk mengukur bagaimana stamina atlet setelah pemusatan latihan dan persiapan menghadapi pertandingan,” kata Rizal Hamid Analis Keolahragaan Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Kalsel.

BACA JUGA:  Tim Futsal SMADA Banjarmasin Wakili Indonesia ke Thailand

“Cabang olahraga ada 10 yang masuk dalam binaan, dalam pelatda atau pelatprov, total 83 orang, atlet 64 orang, ini yang pertama di tahun ini,” lanjutnya.

Tes fisik ini nantinya akan menjadi agenda kedepannya sebagai salah satu program persiapan Pra PON dan PON Aceh.

Pelatih tim gulat Kalsel Zulhaidir turut menyampaikan, hal itu merupakan awal pembentukan program latihan atlet kedepannya. “Karena kita akan melaksanakan program pelatihan yang berbeda nantinya ada tambahan materi latihan yang coba kita terapkan,” ucapnya.

Hal senada juga diungkapkan Pelatih tim tinju Kalsel, Antonius Joni, menurutnya melalui beberapa penelitian ada materi latihan baru hang bakal di tambahkan.

“Jadi, kedepan tak hanya latihan untuk memperkuat fisik, namun juga kelenturan, fleksibilitas atlet dan beberapa hal yang sebelumnya tak termasuk dalam latihan,” katanya.

BACA JUGA:  Masih dalam Proses Pemulihan, Cassio De Jesus Diragukan Tampil Lawan Persija

“Kebanyakan latihan sejauh ini hanya mengujur fisik atlet, namun ternyata banyak hal lain yang masih kurang, dan itu akan kita lengkapi kedepannya guna meningkatkan kapasitas atlet kita,” jelasnya.

 

Editor : Ahmad Yani

Pos terkait