Dirjen Holtikultura ; Peluang Bisnis Tanaman Pangan dan Holtikultura di Kalsel Sangat Menjanjikan

  • Whatsapp
L

Wartaniaga.com, Banjarbaru- Dirjen Tanaman Pangan dan Holtikultura Dr Ir Prihasto Setyanto mengatakan bahwa peluang bisnis pangan dan holtikultura sangat bagus bagi para petani dan pengusaha bisnis pangan di Kalimantan Selatan.

Hal ini disampaikannya kepada wartawan saat berhadir dan pembukaan pasar murah kerjasama Dirjen Holtikultura Kementrian Pertanian dengan Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Prov Kalimantan Selatan, Sabtu (23/4) tadi.

Untuk beberapa Komoditi masih defisit atau suplai tambahan dari luar Kalimantan Selatan sebutnya, seperti Bawang Merah sebanyak 13.287 ton/tahun yang baru dihasilkan hanya 400 ton defisit 1.300 ton. Cabe besar 15.229 ton/tahun hanya 9.000 ton juga defisit 14 ribu ton lebih, kemudian cabe rawit 14.435 ton/tahun baru tersedia 11.875 ton defisit 35 ton.

BACA JUGA:  Lewat Arum Manis, Pria ini Berdagang Sembari Melestarikan Jajanan Lokal

“Dari data diatas menjadi peluang bisnis yang menjanjikan untuk Kalimantan Selatan menjadi lumbung pangan dengan tanah yang masih luas, apalagi nantinya menjadi gerbang pintu masuk pada Ibu Kota Negara yang baru,”ungkap Dirjen.

Dia berharap, agar para petani maupun pelaku bisnis ini menyambut baik peluang usaha dalam meningkatkan potensi daerah bahkan perekonomian sampai ke tingkat Nasional, hingga bisa ekspor nantinya.

“Kedatangan kami ke Kalimantan Selatan dan juga serempak ke-34 Provinsi di Indonesia adalah untuk memastikan ketersediaan pangan disetiap daerah, apabila ada yang kurang secepatnya di suplai dari daerah yang surplus pangannya berlebih,”pungkasnya.

Editor : Eddy Dharmawan

L

Pos terkait