Dibina Adaro, Istana Kalulut Bisa Ngomset Puluhan Juta Sebulan

  • Whatsapp
L

Wartaniaga.com, Paringin- Program tanggung jawab sosial atau Corporate Social Responsibility ( CSR) PT Adaro Indonesia untuk masyarakat sekitar tambang terus dijalankan.

Salah satu penerima manfaat CSR tersebut adalah Maskuni, pemiliki Istana Kalulut, usaha pembudidayaan dan produksi madu Kalulut atau dalam bahasa latinnya stingless bee.

Maskuni

Berkat pembinaan yang dilakukan PT Adaro melalui program CSR nya, usaha Maskuni kini mengalami kemanjuan dan menghasilkan cuan yang cukup lumayan.

Awalnya Maskuni hanya berprofesi sebagai pencari madu Kalulut di beberapa hutan sekitar kabupaten Balangan dan Tabalong.

Setelah bergabung dengan program CSR Adaro, sekarang ayah satu anak sudah memiliki hektaran lahan budidaya untuk produksi madu.

” Selain memperoleh bantuan permodalan, saya juga mendapatkan pendidikan bagaimana memproduksi, packing hingga pemasaran,” jelasnya saat mendapatkan kunjungan sejumlah wartawan, Senin (11/4).

BACA JUGA:  Sandiaga Uno dan Paman Birin Sepakat, Kegiatan AKI Dorong Terciptanya Lapangan Kerja

Ia mengaku saat ini setiap bulan usahanya dapat meraih omset hingga puluhan juta.

” Alhamdulillah, dibantu pemasaran dari tim CSR Adaro, setiap bulannya 25 sampai 30 juta rupiah sebulan bisa kami dapatkan,” ungkapnya seraya menambahkan meski disaat pandemi juga mengalami penurunan sampai 50 persen.

Ditambahkannya, dalam sebulan budidaya Kalulut miliknya ini bisa menghasilkan 30 hingga 50 liter madu.

L

Pos terkait