Abdul Hadi Tanam Perdana Porang Program Pokar

  • Whatsapp
L

Wartaniaga.com, Paringin – Bupati Balangan H Abdul Hadi melakukan penanaman perdana porang program Pokar (Porang – Karet), di Desa Mungkur Uyam, Kecamatan Juai, Kabupaten Balangan, Kamis (31/3).

Selain bupati, kegiatan ini juga diikuti oleh Kapolres Balangan AKBP Zaenal Arifin, Dandim 1001/HSU-BLG Letkol Int Aldin Hadi, Kadistan Balangan Ir Tuhalus, dan jajaran forkopimda lainnya.

Bupati Balangan Abdul Hadi menyampaikan, target untuk tanaman porang adalah menjaga keberlanjutan Balangan sebagai kabupaten pengekspor porang satu-satunya di Kalimantan Selatan.

“Kemudian target kita yang selanjutnya adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Balangan melalui tanaman porang. Untuk menjamin keberlanjutan ekspor kita tadi disamping asosiasi dengan kelompok-kelompok juga melakukan penanaman porang, kita juga melakukan launching program Pokar ,” ujarnya.

BACA JUGA:  Bupati Achmad Fikry Resmikan Rumah Singgah Naungan Sehati

Menurutnya, karena ada masyarakat di Balangan yang tidak mempunyai lahan terbuka tapi dia memiliki kebun karet, oleh karena itu tanaman tumpang sari porang dan karet ini dilakukan supaya petani-petani yang memiliki kebun juga bisa menghasilkan pendapatannya melalui varitas tanaman lainnya.

Abdul Hadi juga meminta agar dilakukan pendampingan terhadap petani-petani porang.

“Ini nanti kita minta kawal dari jajaran Polres Balangan sampai ke Bhabinkamtibmas, begitu juga dengan Kodim sampai ke Babinsa untuk mendampingi petani-petani kita supaya program yang kita launchingkan ini benar-benar terkontrol dan didampingi, di awasi sampai kepada tingkat panen dan tingkat penjualan,” tambahnya.

Ia berharap, program ini dapat menanggulangi kemiskinan dan mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Balangan.

BACA JUGA:  Pemkot Banjarbaru Bangun Fasilitas Kepemudaan

“Kemarin statistik mengeluarkan angka-angka bahwa angka kemiskinan di Balangan masing tinggi. Ini merupakan salah satu upaya dan langkah pemerintah daerah dalam rangka menanggulangi kemiskinan dan mengurangi angka pengangguran di Bumi Sanggam,” pungkasnya.

Reporter : Siti Nurjanah
Editor : Aditya

L

Pos terkait