Iwak Haruan Jadi Lauk Wajib Warung Katupat Kaum

  • Whatsapp
Yati pengelola warung kaum Gambut.
L

Wartaniaga.com, Banjarmasin – Iwak Haruan atau Ikan Gabus merupakan lauk wajib yang tersedia dalam hidangan di warung Katupat kaum, selain mengandung albumin yang paling tinggi, rasa dagingnya lebih renyah dan enak.

“Untuk persediaan warung kami tidak kurang dari 1 ton iwak Haruan dalam setiap bulannya, bahkan bisa mencapai 1,2 ton lebih,”ujar Naparin pemilik Warung Katupat Kaum ini kepada wartaniaga, Minggu (13/3/2022).

Dia menjelaskan bahwa untuk mendapatkan ikan-ikan tersebut disuplay dari beberapa daerah, mulai dari pemasok lokal, dari Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah.

“Para pemasok itu merupakan langganan tetap , jadi mereka sudah hafal dengan kebutuhan dapur kami, sehingga kami tampung dalam bak-bak sebelum kami jadikan lauk,”terangnya.

BACA JUGA:  Ketujuh Kalinya, FIFGROUP FEST Hadir Tawarkan Program Promo Menarik di Banjarmasin

Seperti kita ketahui daging iwak Haruan ini mengandung albumin yang paling tinggi diantara jenis-jenis keluarga ikan ini, sebut saja Tauman, Kihung dan lain-lainnya.

Albumin merupakan zat yang sangat penting untuk pertumbuhan sel-sel baru, biasanya dibuat extrak atau berupa cairan untuk injeksi. Selain itu harganya sangat mahal dan kadang sulit didapat.

“Selain itu, rasanya juga paling enak dan dagingnya lebih gurih. Bagi yang sudah terbiasa memakan ikan ini, pasti tidak akan tergantikan dengan ikan sejenisnya,”ungkap dosen muda ini.

Makanan berkuah santan khas dari kota Kandangan ini memang sangat cocok menggunakan lauk iwak Haruan.

Tetapi bila ada yang belum terbiasa memakannya, tersedia juga telur bebek untuk menemani hidangan katupat kaum ini.

BACA JUGA:  Penghulu Pun Bisa Kuliah, STIEPAN Teken Mou dengan Kemenag Balangan

“Kalau ditempat lain bisa menggunakan selain iwak haruan, maka di warung kaum wajib menggunakan iwak ini,”pungkasnya.

Editor : Eddy Dharmawan

L

Pos terkait