PDU Jambangan Sulap Sampah Jadi Pakan Ikan

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Surabaya- Ada yang menarik dari hasil studi belajar yang dilakukan Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Syamsuri Arsyad ke Pusat Daur Ulang ( PDU) Jambangan Surabaya, Jawa Timur.

Betapa tidak, hasil daur ulang sampah Manggot di sini bisa disulap dan dimanfaatkan untuk Pakan ikan Haruan.

Dan ini dapat menjadi solusi bagi kabupaten HSS yang terlebih dahulu mengembangbiakan ikan Gabus atau Haruan.

” Selain dapat dimanfaatkan menjadi kompos dan tenaga listrik, ternyata juga dapat menghasilkan manggot yang dapat di manfaatkan untuk Pakan ikan,” ujar Wabup di sela-sela kunjungannya, Rabu (9/12).

PDU Jambangan telah menggunakan bayi larva BSF untuk mereduksi sampah limbah rumah tangga, limbah sampah yang diterima oleh PDU Jambangan akan dicacah halus, hasil cacahan sampah tersebut kemudian dimasukkan kedalam kotak berisi kompos dan larva BSF untuk kemudian dibiarkan sampai sampah organik habis dimakan larva. Dibutuhkan waktu sekitar 1 minggu sampai akhirnya larva dewasa dan siap dipanen.

BACA JUGA:  KPI Pusat Apresiasi Terobosan Radio Kota Wali, Kuatkan Dialog dan Talkshow jadi Andalan

Kemudian, selain dapat memakan habis sampah rumah tangga, larva yang siap panen juga dimanfaatkan sebagai pakan hewan ternak dan ikan.

Menurut Wabup Syamsuri ini dapat diterapkan di Kabupaten HSS yang diharapkan nantinya dapat dimanfaatkan di Kampung Haruan yang ada di desa Asam kecamatan Sungai Raya sebagai pakan gabus haruan.

“ Ini dapat kita terapkan di HSS, pembudidayaan Manggot dapat di mmanfaatkan untuk pakan ternak, termasuk untuk Gabus haruan” ucap wabup.

Reporter : Amutz
Editor : Ahmad Yani

Pos terkait