Resmikan Sumur Bor dan JUT, Bupati HSS: Tidak Perlu Menunggu Musim Hujan untuk Bertani

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Kandangan- Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry resmikan pembangunan irigasi air tanah (Sumur bor) dan jalan usaha tani (JUT) di Hanau desa Panjampang Bahagia Kecamatan Simpur.

Adapun peresmian Sumur Bor dan JUT ditandai dengan penandatangan prasasti dan pengguntingan pita, Kamis (28/10).

Bupati HSS, Achmad Fikry mengatakan pembangunan irigasi sumur air tanah untuk membantu para petani holtikultura agar tidak tergantung dengan keadaan air, khususnya pada musim kemarau.

“Petani hortikultura musim hujan baru menanam dan pada musim kemarau tidak menanam ,dengan adanya sumur bor, petani bisa menanam hortikultura sepanjang tahun,” ucapnya.

Selain membangun sumur bor, pihaknya juga telah membangun tujuh JUT, untuk memperlancar petani mengangkut hasil pertanian.

BACA JUGA:  Pemkab Kotabaru dan DPRD Sepakati Perubahan KUA dan PPAS

“Kalau dulu di panggul di bahu sekarang sudah bisa pakai sepeda motor, inilah yang di suguhkan pemerintah untuk memberikan kemudahan-kemudahan kepada petani agar mereka bisa berusaha” tuturnya.

Lebih lanjut kata Bupati , pemerintah akan terus berupaya memberikan kemudahan- kemudahan bagi petani, baik dalam meningkatkan hasil pertanian juga mengangkut hasil produksi pertanian.

Dirinya mengimbau kepada para petani tidak menanam cabe atau lombok secara bersamaan, untuk menghindari harga yang murah disebabkan kebanyakan produksi.

“Kalau bisa menanam cabe diatur masing-masing wilayah, sehingga harganya bisa baik dan tidak murah,” imbau Bupati Fikry kepada petani.

Selain itu, bupati mengimbau kepada bisa mengunakan teknogi yang tersedia seperti handpone, sehingga bisa memantau harga hortikultura dipasaran.

BACA JUGA:  Taksi Kuning, Hidup Segan Mati Tak Mau (Bagian 1)

“Semoga dengan melek teknologi, petani bisa senilai dengan jerih payah yang dilakukan,” imbuh Bupati.

Reporter: Amutz
Editor: Aditya

Pos terkait