Bupati Minta DPMI Ikut Berperan Memutus Penyebaran Covid-19

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Kandangan -Didampingi Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Syamsuri Arsyad, Bupati HSS Achmad Fikry membuka Musyawarah Daerah (Musda) Dewan Pimpinan Masjid Indonesia (DPMI) di aula kantor Kecamatan Kandangan, Kamis (23/7).

Musda DPMI HSS di adiri Perwakilan DPMI Provinsi Kalsel, Ketua DPMI HSS, Sayuti dan Pengurus Masjid se-kabupaten HSS.

Bupati HSS Achmad Fikry berharap  Pengurus Baru DPMI kedepan dapat bersinergi dengan Pemerintah daerah (Pemda) dan kementrian agama (Kemenag) sebagai lembaga yang melalukan pembinaan masjid, mengatur jumlah kapasitas dalam melaksanakan kegiatan keagamaan.

Dikatakan Bupati DPMI harus memiliki program jangka pendek dan jangka panjang. Untuk jangka pendek DPMI HSS diharapkan mempunyai peran aktif  membantu pemerintah dalam penanganan covid -19.

BACA JUGA:  Tiba di Amuntai, Vaksinasi Seremonial Akan Dilaksanakan Senin

” Silahkan saja melaksanakan kegiatan dengan banyak orang sesuai dengan kapasitas masjid, namun tetap harus menerapkan protokol kesehatan ketat  untuk menghindari penyebaran covid-19,” himbau Bupati Fikry.

Sementara itu Ketua DPMI HSS, Sayuti Hadi menyampaikan dari data BPS di kabupaten HSS terdapat 126 masjid dan 649 langgar.

“Fungsi masjid saat ini Bukan hanya sebagai tempat ibadah tapi juga merupakan pembinaan persaudaraan, sehingga tempat majelis ta’lim dan zikir semakin meningkat” ucapnya.

Tumbuhnya kesadaran masyarakat dalam pengamalam agama dan kewajiban menuntut ilmu agama, sehingga jemaah majelis  ta’lim dan ibadah sosial lainnya semakin membeludak, lanjutnya.

L

Pos terkait