Bunda Sri Harapkan ODGJ di Balangan Bisa Disembuhkan

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Paringin – TP PKK Kabupaten Balangan bersama PKK kecamatan dan PKK Desa serta TPKJM Kabupaten Balangan dan TPKJM Provinsi Kalimantan Selatan lakukan kunjungan sekaligus melihat keadaan pasien ODGJ yang berada di desa Buntut Pilanduk Kecamatan Halong Kabupaten Balangan, Selasa (14/9).

Meski cuaca yang mendung dan sesekali diguyur gerimis tak menyurutkan semangat TP-PKK yang di komandoi Hj Sri Huryati Hadi, didampingi para Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat (TPKJM) dalam menjalankan tugas demi kesehatan warga Balangan yang mengidap ODGJ.

Menurut Ketua TP-PKK Hj Sri Huryati Hadi bahwa, kunjungan yang dilakukan kali ini bersama TPKJM adalah dengan tujuan untuk melihat keadaan pasien pengidap ODGJ yang terpasung serta terkurung di sebuah ruangan ukuran 2×2 meter yang tertutup rapat tanpa pintu serta mencari solusi untuk penanganan terbaik bagi ODGJ tersebut yang bernama Aliamansyah.

BACA JUGA:  Disnakertrans dan BLK Masuk Desa Sasar Warga Pedalaman

“Kita sudah beberapa kali datang kesini dan kali ini kita bersama TPKJM dari Provinsi dan TPKJM lintas sektor Kabupaten Balangan tujuannya kita mencari solusi bagi Aliamansyah untuk kita obati dan bisa kembali bermasyarakat dengan baik dan normal,” jelasnya.

Ditambahkan Bunda Sri, berhubung saat ini masih belum bisa dilakukan perawatan ke RSJ Sabang Lihum maka dari itu pihak Kabupaten Balangan sendiri akan terus melakukan pemberian obat melalui dokter yang ada di Kecamatan Halong, karena mengingat pasien ODGJ kali ini terbilang cukup agresif jadi setelah keadaan pasien tenang barulah akan dibawa ke RSJ Sabang Lihum.

“Kita akan terus melakukan pemberian obat melalui dokter yang ada di Kecamatan Halong kemudian jika sudah tenang baru kita datang lagi untuk membawa ke Sambang Lihum,”ucapnya

BACA JUGA:  Perjuangan Guru PAUD HSU Diangkat ke Himpaud TV

Istri orang nomor satu di kabupaten Balangan ini berharap, agar masyarakat Balangan yang mengidap ODGJ bisa berangsur-angsur disembuhkan serta untuk menghindari terjadinya pemasungan agar mereka bisa sembuh dan kembali bermasyarakat seperti sedia kala.

“Mudah mudahan pihak keluarganya juga bisa merawat ODGJ ini, karena kalau tidak dirawat dan diberikan kasih sayang ODGJ ini tidak akan sembuh total,”harapnya.

Terpisah, Kepala Bidang Keperawatan Rumah Sakit Sambang Lihum, Murjani mengatakan, pihaknya siap kapan saja untuk menangani pasien ODGJ ini tetapi karena keadaan pasien yang terbilang agresif maka dari itu perlu kordinasi dulu dari pihak TPKJM Kabupaten Balangan agar diberikan obat-obatan melalui dokter agar pasien bisa tenang dan proses evakuasi bisa lebih mudah.

BACA JUGA:  Selamatkan Warga, Program JPS di Tanah Laut Sudah Meluncur ke Desa Desa

“Sambang Lihum selalu siap membantu akan tetapi dari pihak TPKJM Kabupaten Balangan silahkan lakukan pemberian obat terlebih dahulu untuk gaduh gelisah nya,”ucapnya.

Murjani berharap, kedepannya pasien ini bisa kembali bermasyarakat dengan normal serta peran media untuk mensosialisasikan bahwa ODGJ tidak perlu di takuti. “Janganlah mereka dikucilkan, janganlah mereka diejek hilangkanlah stigma tersebut,”pungkasnya

Reporter : Siti Nurjanah

Editor : Nirma Hafizah

L

Pos terkait