Rektor ULM Terpilih Jadi Ketua Percasi Kalsel 2021-2025

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Banjarmasin- Melalui Musyawarah Provinsi (Musprov) Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kalimantan Selatan (Kalsel), Rektor Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Prof DR H Sutarto Hadi MSi MSc terpilih secara aklamasi sebagai ketua baru periode 2021 – 2025.

Musprov yang dilaksanakan, Sabtu (28/8/2021) malam, turut dihadiri langsung oleh perwakilan seluruh pengkab Percasi se Kalsel serta ketua Percasi Kalsel terdahulu M Amin dan Sekretaris Umum KONI Kalsel, Enly Hadianor.

Menilai Musprov Percasi tahun ini, Enly menyambut baik dengan terpilihnya Rektor ULM sebagai ketua baru, karena sejauh ini KONI menurutnya melihat dedikasi Prof DR H SutartoHadi MSi MSc terhadap catur cukup besar.

“Banyak kejuaraan catur yang digelar oleh beliau, salah satunya ULM Cup yang dilaksanakan setiap tahun, dan ini sangat memotifasi perkembangan catur di daerah ini,” ucapnya.

BACA JUGA:  Kapolres HSU Pantau Kesiapan Anggotanya untuk Ujian Bela Diri Polri

Namun, sejauh ini, kinerja kepengurusan terdahulu menurutnya sudah cukup bagus dan bekerja dengan, seperti halnya banyaknya turnamen yang digelar oleh Percasi Kalsel.

“Kendati catur tahun ini tak lolos ke PON Papua, namun kita berharap apa yang sudah dijalankan bisa ditingkatkan lagi karena sejauh ini sudah cukup bagus,” imbuhnya.

Sementara  Ketua Percasi Kalsel terpilih, Prof DR H Sutarto Hadi MSi MSc , memimpin Percasi Kalsel lima tahun kedepan ia berharap koordinasi dengan tageholder bisa lebih ditingkatkan.

Selain itu, prestasi atlet catur Kalsel nantinya akan didorong untuk lebih berprestasj baik ditingkat nasional maupun internasional seperti apa yang telah dilakukan para pendahulu pecatur Kalsel  seperti Bakhtiar.

BACA JUGA:  Ikuti Audisi LIDA 2021, Ifai Ingin Harumkan Nama Banua

“Kalsel bukan tak mempunyai bibit atlet yang bagus, hanya saja ada yang perlu diupayakan, seperti menambah jam terbang untuk melatih mental serta mempersiapkan pelatih handal, dan sejauh ini kita akui itu kekurangan kita di Percasi Kalsel,” katanya.

Untuk kepemimpinannya kedepan, ia berharap setidaknya mental atlet bisa dibentuk dengan baik, yakni dengan sesering mungkin mengikuti pertandingan.

“Jika perlu, kita akan kembali gelar kejuaraan antar master lagi, dimana atlet catur berkelas bisa dikumpulkan dan disana mereka atlet Kalsel bisa menambah ilmunya serta mentalnya,” ucapnya.

Menanggapi keterpilihan Prof DR H Sutarto Hadi MSi MSc, M Amin merasa bahwa jalan ini sudah benar dan ia cukup bangga melepas posisinya karena Percasi bakal ditangani oleh orang hebat.

BACA JUGA:  Plh Sekdako Banjarmasin Hadiri HUT ke 30 GPP Banjarmasin

“Bisa dikatakan beliau ada pecinta atau penggila catur sejati dalam tanda kutip, sehingga kita yakin Percasi kedepan akan lebih baik lagi dibawah kepemimpinan beliau,” katanya.

Namun tetap diharapkannya, bahwa apa yang sudah dijalankan sebelumnya bisa terus dilanjutkan, sehingga program pembinaan tak terhenti.

Editor : Ahmad Yani

Pos terkait