Bank Indonesia Buka Program Akselerasi UMKM PAMOR BORNEO

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Banjarmasin- Kantor Perwakilan Bank Indonesia adakan kegiatan Pembukaan Program Akselerasi UMKM Berorientasi Ekspor atau disebut PAMOR BORNEO. Acara dilakukan secara virtual dengan tujuan meningkatkan kemajuan UMKM Kalimantan dan perekonomian Indonesia.

Turut serta dalam pembukaan , Menteri Perdagangan diwakili wakil Jerry Sambuaga, Menteri Perdagangan RI diwakili Siti Azizah Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UMKM, Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI untuk Republik Singapura Suryo Pratomo, Rosmaya Hadi, Deputi Gubernur BI sekaligus menjadi Keynote Speech pada acara tersebut.

Selain Pj Gubernur Kalsel Safrizal ZA juga ada Gubernur Kalbar Sutarmidji, Gubernur Kalteng yang diwakili wakil Gubernur Edy Pratowo dan para pejabat serta Kepala Perwakilan BI Kalbar, Kalteng juga Kepala Perwakilan BI Singapura, para undangan dan pelaku UMKM.(23/8)

BACA JUGA:  Rahasia Merintis Bisnis Rumahan

Sejalan dengan perekonomian nasional, ekonomi Kalimantan tumbuh positif pada triwulan II 2021, setelah terkontraksi semenjak Triwulan II 2020. Pertumbuhan ekonomi Kalimantan tercatat sebesar 6.28% (yoy), jauh lebih baik dari Triwulan I 2021 yang terkontraksi 2.24% (yoy).

Dari sisi Lapangan Usaha (LU), pertumbuhan yang positif ini didukung oleh perbaikan kinerja LU Pertambangan dan Industri pengolahan yang berkontribusi besar dalam perekonomian Kalimantan.

Secara spasial, pertumbuhan ekonomi di Kalimantan ditopang oleh pertumbuhan ekonomi yang positif diseluruh provinsi Kalimantan, antara lain Kalbar tercatat sebesar 10.81% (yoy), Kalteng sebesar 5.56% (yoy), dan Kalsel sebesar 4.04% (yoy).

L

Pos terkait