Wabup HSS Buka Pelatihan Pengurusan Jenazah di STAI Darul Ulum

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Kandangan – Sebanyak 50 orang Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam ( STAI ) Darul Ulum mengikuti pelatihan pengurusan dan memandikan jenazah secara Islam.

Kegiatan yang dibuka secara langsung oleh Wakil Bupati HSS, Syamsuri Arsyad ini digelar oleh Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab yang bekerjasama dengan MUI Kabupaten Hulu Sungai Selatan ( HSS ) pada Jum’at (28/5).

Menurut Wabup generasi muda perlu di  siapkan untuk bisa mengurusi dan memandikan jenazah yang sesuai secara Islam.

“Kebanyakan yang memandikan jenazah ini orang yang sudah tua. Dengan adanya kegiatan untuk generasi muda ini , sebagai upaya regenerasi agar dapat mengurus jenazah yang baik sesuai cara Islam,” ujarnya.

Apalagi, sambung Syamsuri di setiap kampung tidak semua orang memiliki kemampuan dalam memandikan jenazah. “ Kegiatan ini sangat tepat sekali,” ucap pria yang juga Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) kabupaten HSS ini.

BACA JUGA:  Kepedulian Tim Kesehatan Satgas TMMD Ke 109 Kodim 1001/Amuntai

Ditambahkannya peserta yang hadir dalam pelatihan ini mendaftar secara sukarela dan dirinya berharap bahwa kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut, seperti harapan Bupati HSS.

Sementara kepala Bagian Kemahasiswaan dan Alumni (STAI) Darul Ulum, Erma Aspia mengatakan kegiatan ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Bahasa Arab.

” Sebelumnya pernah ada kegiatan seperti ini hanya saja pada ekstrakurikuler, namun karna adanya pandemi covid-19 beberapa tahun ini terhenti,”jelasnya.

Dirinya berharap dari pelatihan ini banyak yang bisa diserap dan bisa diaplikasikan di lingkungan tempat tinggal masing-masing.

 

Reporter : Amutz
Editor : Aditya

L

Pos terkait