Program SARUNG  Sambangi Desa Sungai   Namang

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Amuntai- Pengadilan Negeri Amuntai memberikan pelayanan sehari tuntung (SARUNG) kepada Masyarakat guna perkara administrasi kependudukan di Kantor Desa Sungai Namang, Kecamatan Danau Panggang, Senin (31/5/2021).

Program SARUNG merupakan tindak lanjut kerja sama Pengadilan Negeri Amuntai dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Program SARUNG memungkinkan Masyarakat tidak perlu datang ke Pengadilan Negeri untuk mengajukan Permohonan guna mendapatkan Penetapan sebagai syarat Adminstrasi Kependudukan.

Penetapan Pengadilan dari proses persidangan dapat langsung diterima oleh Masyarakat untuk selanjutnya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil akan langsung memproses perubahan dan perbaikan Akta serta masyarakat dapat menerima produk Akta disatu tempat dan hari itu juga.

BACA JUGA:  Legistator Balangan Berharap Instansi Terkait Segera Menyikapi Keluhan Masyarakat Terkait Jalan Utama

Ketua Pengadilan Negeri Amuntai, Budi Hermanto, S.H., M.H. menyatakan bahwa program SARUNG adalah komitmen Pengadilan Negeri Amuntai memberikan Pelayanan kepada Masyarakat.

“Program sehari tuntung atau SARUNG bukti nyata komitmen kami memberikan pelayanan kepada Masyarakat secara khusus untuk Masyarakat terluar di Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Melalui Program SARUNG, masyarakat tidak harus datang ke Pengadilan dan ke Kantor Dukcapil, semua layanan dilakukan di tempat domisili Pemohon dan hanya membutuhkan waktu 1 hari, masyarakat sudah dapat menerima perbaikan Akta miliknya.”, pungkasnya.

“Program ini lahir dari menjawab kebutuhan masyarakat yang memerlukan pelayanan hukum di bidang Administrasi Kependudukan terutama di daerah terluar Kabupaten Hulu Sungai Utara. Kami mendengar adanya kesulitan Masyarakat untuk mengakses Pengadilan Negeri karena jarak yang jauh dan biaya transportasi cukup besar. Untuk merespon hal tersebut kami berinisiatif untuk memberikan kemudahan kepada Masyarakat melalui Program Sarung,” tambah Budi Hermanto.

Pos terkait