Tingkatkan Perekonomian Masyarakat di Era Pandemi Covid-19, ITP Berikan Edukasi Bagi UMKM

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Kotabaru– Sebagai upaya nyata yang dilakukan oleh salah satu perusahaan produsen semen Tiga Roda, PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk Plant Tarjun (PT ITP) ditengah masa pandemi Covid-19 dalam rangka peningkatan sumber daya manusia yang mandiri dan dapat berinovasi, perusahaan berskala nasional ini kembali melaksanakan pelatihan UMKM terkait izin usaha bagi para pelaku usaha di desa mitra perusahaan. Pelatihan pendaftaran izin usaha melalui sistem Online Single Submission (OSS), dilakukan pada Rabu 7 April 2021 diikuti sebanyak 18 peserta.

Turut berhadir Asisten I Bidang Pemerintah Setda Kabupaten Kotabaru, Drs H Akhmad Rivai M Si, Sudiro Hasibuan selaku Konsultan Pendamping KUMKM Dinas Koperasi, Perindustrian & Perdagangan Kabupaten Kotabaru, Kecamatan Kelumpang Hilir, Kepala Desa Tegalrejo, Sarifudin, masyarakat Desa Tegalrejo, Desa Serongga, Tarjun dan tim CSR PT ITP Tarjun.

BACA JUGA:  Polres Balangan Gelar Bansos, 1,5 ton beras disalurkan

Management PT ITP Tarjun, H Teguh Iman Basoeki melalui CSR Officer Agus Rifani mengatakan bahwa, kegiatan yang digelar merupakan salah satu program CSR PT ITP yaitu di pillar ekonomi khususnya program pembangunan yang berkelanjutan dengan peningkatan kapasitas SDM dalam hal mengetahui pentingnya perijinan usaha UMKM serta langkah-langkah pembuatan perijinan UMKM sesuai ketentuan yang berlaku.

“Kami berharap pemaparan yang disampaikan dapat memberikan penjelasan pengurusan ijin usaha untuk UMKM dan langkah membuat ijin secara online serta manfaat mengurus perijinan untuk usaha dan teori praktek langkah dalam hal pengurusan perijinan untuk UMKM,” paparnya.

Ia berharap, seluruh peserta yang mengikuti pelatihan dapat menerapkan pengetahuannya bagi peningkatan usaha dan kegiatan tersebut merupakan hasil kerjasama antara PT ITP Tarjun dan Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kotabaru.

BACA JUGA:  Hujan di HSS Akibatkan Banjir dan Longsong

Sementara itu, Asisten I Bidang Pemerintah Setda Kabupaten Kotabaru, Drs H Akhmad Rivai M Si mengatakan, pihaknya akan memberikan kemudahan bagi masyarakat pelaku UMKM dalam hal pengurusan perijinan usaha.

“Pelaku UMKM harus terus berkembang yang pada akhirnya bertujuan peningkatan ekonomi masyarakat, dan terkhusus terimakasih kepada PT ITP atas inisiasi dan inovasinya dalam rangka peningkatan SDM,” katanya.

Mewakili Camat Kelumpang Hilir, Daryati menuturkan, ia berterimakasih khususnya kepada PT ITP Tarjun yang telah memberikan pengetahuan kepada masyarakat dalam rangka pelatihan pembuatan perijinan bagi pelaku UMKM. “Dengan kualitas produk yang telah memiliki legalitas maka pastinya diharapkan kedepan peningkatan taraf perekonomian akan tercapai sesuai harapan,” imbuhnya.

Kades Tegalrejo Sarifudin menilai, pelatihan yang digelar oleh PT ITP sangat baik sekali untuk peningkatan SDM yang dapat berinovasi serta memberikan edukasi apalagi terkait perijinan bagi usaha.

BACA JUGA:  Jalin Silaturrahmi, Poltek Tala Gelar Family Gathering

“Saya mewakili masyarakat Tegalrejo memberikan apresiasi kepada PT ITP Tarjun, karena dengan pelatihan pengurusan perijinan pelaku UMKM, masyarakat dapat memasarkan produknya ke minimarket, tempat wisata dan pasar lokal,” ujarnya.

Menyikapi hal tersebut, Sudiro Hasibuan mewakili Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kotabaru mengatakan, pihaknya dari pemerintah daerah akan mendorong masyarakat utamanya pelaku UMKM dalam hal pengembangan usaha dari sisi pembuatan ijin legalitasnya.

“Terimakasih kepada Indocement yang terus bersinergi bersama pemerintah daerah, dan yang paling penting dalam membina masyarakat di desa mitranya,” katanya.

Kegiatan tetap mengedepankan Prokes 5 M dengan jumlah peserta yang dibatasi hanya 50 % dari kapasitas ruangan.


Reporter : Anaq

Editor : Ahmad Yani

Pos terkait