Pengalaman Mendonor Plasma Konvalesen untuk Membantu Penyembuhan Pasien Covid-19

  • Whatsapp
Presdir Borneo Law Firm M.Pazri

Wartaniaga.com– Ketika mendapatkan broadcast  di Group WA C.R.T Gabungan, ada pasien COVID-19 yang membutuhkan plasma yang sedang dirawat disalah satu Rumah Sakit  dengan Golongan darah A, saya mendatangi Kantor PMI Kota Banjarmasin, Kamis (22/4)  untuk mendonorkan plasma konvalesen, sebelum mendonor sampel darah diambil, diskrining terlebih dahulu dan Alhamdulillah memenuhi syarat sebagai pendonor plasma konvalesen.

Jujur kalau donor darah  sudah biasa, namun kegiatan donor plasma konvalesen ini menjadi  hal yang baru bagi saya sebagai penyintas COVID-19, sebelumnya saya positif COVID-19  dari tanggal 6 Februari dan   sembuh tanggal 20 Februari 2021.

Semoga ikhtiar kecil ini dapat memberikan manfaat dan membantu pasien positif yang sedang berjuang melawan COVID-19 tentunya dengan izin oleh Allah SWT, semoga memberikan keberkahan pada bulan suci Ramadhan 1442H saat ini.

BACA JUGA:  HITAM PUTIH DAMPAK PANDEMI COVID-19 BAGI INDONESIA DARI SISI EKONOMI, SOSIAL DAN LINGKUNGAN

Karena itu, saya mengajak para penyintas COVID-19 yang sudah sembuh dengan seprtib kriteria yang ditentukan yakni Umur 17-60 tahun,Laki2 atau perempuan ,telah sembuh dari COVID-19 antara 2-12 Minggu, mari bergantingan tangan agar bisa mendonorkan plasma konvalesennya untuk membantu penyembuhan pasien positif COVID-19.

Jangan takut dan ragu pengambilan sampel darah untuk plasma konvalesen ini cukup mudah  dengan durasi kurang lebih 30 menit. Pengambilan sampel darah 400 ml  sudah bisa dipakai untuk dua kantong plasma konvalesen berukuran 200 ml.

Alhamdulillah tidak ada rasa sakit atau efek samping yang menyertai.  Insya Allah menjadi pengalaman baru yang menyenangkan.

 

Muhammad Fazri, SH, MH

Penulis : Presdir Borneo Law Firm

L

Pos terkait