Anggarkan Rp 209 M, Pemkab HSU Akan Bangun Rumah Sakit Baru Lagi

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Amuntai- Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) mulai merencanakan pembangunan rumah sakit baru di kawasan Desa Muara Tapus, Kecamatan Amuntai Tengah tahun 2021.

Pembanguan rumah sakit baru tersebut memakan dengan total anggaran sekitar Rp209 M dengan luas total tanah sekitar 4.8 hektar.

Kepala Dinas Kesehatan HSU, Danu F Fotohena mengatakan, rumah sakit yang akan dibangun ini merupakan rumah sakit tipe C dengan bangunan gedung 3 lantai.

“Tahap pertama 4 unit yang akan dibangun yaitu, poliklinik, UGD, Himodealisa kemudian ruang rontgen, ruang bersalin dan ruang rawat inap sebanyak 100 tempat tidur.” ucap Danu, Jumat (19/3).

Lebih lanjut, katanya untuk tahap berikutnya tentunya akan menambah beberapa ruangan unit fasilitas dan lain – lain. Sedangkan untuk tahap pertama rumah sakit baru akan rampung di tahun 2022 dan langsung mulai beroperasi.

BACA JUGA:  Pejabat Kabupaten HSS Lakukan Vaksinasi Sinovac

“Itu bertahap dari tahun 2021, Insyaallah di tahun 2025 – 2026 baru selasai (semua),” ujar Danu.

Sementara, rencana persiapan pembangunan rumah sakit baru sudah mulai dilaksanakan terkait dengan dokumen – dokumen Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) kemudian dokumen lainnya.

“Hari ini tadi sudah menyusun manejemen konstruksi juga konsultan manejemen konstruksi dan terakhir dilakukan pembangunan fisiknya dibulan Juli 2021 sampai Agustus tahun 2022.” ungkapnya.

Dirinya berharap, dengan dibangunnya rumah sakit baru ini pelayanan dan kualitas kesehatan rumah sakit semakin meningkat dan bisa memberikan kenyamanan yang ingin berobat serta bermanfaat bagi masyarakat.

“Rumah sakit ini dibangun ditahap awal dengan tipe C, nantinya akan semakim berproses berkembang akan menjadi tipe B.” pungkasnya.

BACA JUGA:  Ikut Meriahkan Bulan Kelahiran Nabi Besar Muhammad S.A.W, TP PKK Balangan Adakan Lomba Habsyi

Sementara itu, Ahmad Sibawayhi salah aeorang Aparat Desa Muara Tapus menyambut gembira dengan adanya rumah sakit yang akan dibangun di desanya.

Ia berharap dengan adanya rumah sakit ini mempermudah masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan.

” Pastinya kita gembira dan berharap layanan kesehatan kepada masyarakat semakin baik dan memuaskan,” harapnya.

 

Reporter : Darma Setiawan
Editor : Nirma Hafizah

L

Pos terkait