Bank Sampah Buncu Elha, Tabung Sampah Dapat Uang

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Amuntai – Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) telah hadir Bank Sampah binaan Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup dengan nama Buncu Elha.

Proses penyadaran lingkungan melalui tabungan sampah yang dinilai dengan uang dapat mengubah paradigma masyarakat tentang sampah. Bank sampah menjadi metode alternatif pengelolaan sampah yang efektif, aman, sehat dan ramah lingkungan.

Jakaria

Direktur Bank Sampah Buncu Elha, Jakaria, menyampaikan bahwa Gerakan menabung di bank sampah merupakan salah satu upaya mengurangi permasalahan sampah dapat menjadi alternatif bagi masyarakat untuk menambah pendapatan. Menurut Jakaria, melalui gerakan menabung di bank sampah ini terbukti efektif mampu mengurangi beban atau volume sampah yang terkirim di Tempat Pembuangan Akhir (TPA), sehingga masyarakat juga tergugah kesadarannya dalam mengelola sampah.

BACA JUGA:  Ibnu Sina Tambah 5 Wisata Berbasis Sungai di Banjarmasin

“Untuk Bank Sampah Buncu Elha HSU sendiri hingga saat ini sudah memiliki sebanyak 49 unit, Jika kesadaran akan kebersihan dan pengelolaan sampah sudah baik, tentu nantinya volume sampah akan bisa berkurang. Bagi Masyarakat yang ingin menabung atau menjual sampahnya bisa datang langsung kekantor kami di Jl. Sukmaraga No.61 RT.7 Kelurahan Sungai Malang Kecamatan Amuntai Tengah,” tutur Jakaria saat ditemui kru Kominfo, Sabtu (27/2/2021).

Pos terkait