Banjarmasin di Nobatkan Sebagai Tuan Rumah Festival HAM 2020

  • Whatsapp

Wartaniaga.com,Banjarmasin- Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Kantor Staf Presiden (KSP), International NGO Forum on Indonesian Development (INFID), lakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) atau Nota Kesepahaman dengan Pemerintah Kota Banjarmasin tentang penyelenggaraan Festival HAM 2020 di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Festival HAM 2020 Kota Banjarmasin di selenggarakan pada 17 sampai 19 Desember 2020 dengan mengusung tema “Menegakkan HAM di Masa Pandemi Covid-19: Tantangan dan Solusinya” secara online.

Tema tersebut dipilih karena pada tahun 2020 ini seluruh dunia termasuk Indonesia khususnya di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, sedang dilanda wabah virus corona (Corona Virus Disease) tahun 2019 atau Covid-19 yang telah menimbulkan dampak serius terhadap tatanan kehidupan masyarakat di semua bidang.

BACA JUGA:  Haul Guru Bangil, Ibnu - Arifin Hadiri Kegiatan Keagamaan Seraya Bersilaturahmi ke Majelis Al Basyir

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Ahmad Taufan Damanik (Ketua Komnas HAM), Moeldoko (Kepala Staf Kepresidenan), Ibnu Sina (Walikota Banjarmasin, Kalimantan Selatan), dan Sugeng Bahagijo (Direktur Eksekutif INFID).

Penandatanganan MoU ini dilaksanakan untuk memperkuat komitmen yang telah dibuat secara lisan. Nota Kesepahaman ini berlaku sejak tanggal 23 September 2020 sampai dengan tanggal 31 Desember 2020.

Adapun Ruang lingkup MoU ini meliputi pembentukan panitia bersama, perumusan kerangka acuan kegiatan, keterlibatan dalam keseluruhan proses kegiatan, pencarian dan penggalangan dana, promosi dan sosialisasi kegiatan, serta evaluasi kegiatan.

Festival HAM 2020 merupakan forum bersama untuk merayakan praktik-praktik baik dalam melaksanakan pembangunan yang berbasis HAM dengan memperhatikan kearifan lokal.

BACA JUGA:  Giliran Karyawan PT Pama Dukung SHM-MAR

Forum ini dapat menyediakaan dan menularkan informasi dan inspirasi serta menjadi wadah pertukaran pengalaman dan pertukaran praktik-praktik inovatif lainnya di bidang HAM.

Festival ini juga bertujuan untuk menyebarluaskan nilai-nilai HAM dan inisiatif Kabupaten Kota ke seluruh masyarakat.

Sebelumnya Kegiatan Festival HAM bernama Konferensi Kabupaten Kota HAM yang diselenggarakan pada 2014 dan 2015 di Jakarta.

Pada tahun ketiga (2016) sampai dengan 2019, nama Konferensi Kabupaten/Kota HAM diganti dengan nama Festival HAM agar lebih banyak melibatkan publik dan tidak terlalu kaku.

Festival HAM 2020 yang akan digelar di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, merupakan Festival HAM pertama yang dilaksanakan di luar pulau Jawa.

Pos terkait