DKI Siapkan Tiga Skema Kembali ke Sekolah di Tengah Corona

Wartaniaga.Com,Jakarta- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyiapkan tiga skema kembali ke sekolah di tengah pandemi virus corona (Covid-19) jelang tahun ajaran baru 2020/2021. Tahun ajaran baru sendiri diagendakan mulai pada 13 Juli 2020.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Jakarta Nahdiana dalam rapat teleconference bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria pada Senin (11/5). Video rapat diunggah di akun Youtube resmi milik Pemerintah Provinsi Jakarta.

“Kami melakukan ini semua dengan mengikuti kebijakan pemerintah apabila PSBB ini telah dibuka kembali, maka kami bersiap kembali ke sekolah dengan rancangan yang kami buat dengan beberapa alternatif,” kata Nahdiana dalam rekaman di youtube DKI yang dilihat, Jumat (15/5).

Nahdiana menjelaskan, skema pertama yakni hanya sebagian sekolah yang dibuka dengan semua siswa belajar di sekolah. Kemudian, skema kedua, hanya sebagian sekolah yang dibuka dengan sebagian siswa belajar di sekolah.

Skema ketiga adaah hanya sebagian sekolah yang dibuka dengan sebagian siswa belajar di rumah, dengan pihaknya memberikan beberapa hal pengamatan dan kesiapan.

Untuk mendukung tiga skema itu, pihaknya juga akan memastikan kesiapan sekolah, guru, maupun lingkungan sekolah pasca pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Menurut dia, dengan ketiga alternatif tersebut, sekolah juga harus memiliki cukup fasilitas sanitasi, mulai dari alat pelindung diri masing-masing dan alat protokol kesehatan yang harus ada ketika nanti murid-murid kembali ke sekolah. Ini juga termasuk sterilisasi ruangan dan pengaturan ruang pembelajaran

“Apakah itu sudah aman, baik internal dan lingkungan sekitarnya apakah masih berada di zona merah dan lain-lain,” ujarnya.

Selain itu, Nahdiana menjelaskan pihaknya telah merancang masa transisi belajar di sekolah selama dua bulan. Ia mengatakan, pada pekan pertama dan kedua masa transisi, kegiatan belajar mengajar di sekolah hanya dilakukan satu hari secara bergantian.

Pos terkait

banner 468x60