Kadishut Kalsel Tinjau Pembangunan Persemaian Modern HRB

Wartaniaga.com, Tanah Bumbu – Kepala Dinas Kehutanan Kalsel, Hanif Faisol Nurofiq, berkunjung ke persemaian modern PT Hutan Rindang Banua (HRB) di Sungai Loban, Kabupaten Tanah Bumbu.

Dalam kunjungannya, ia meninjau pembangunan sarana prasarana (Sarpras) milik persemaian modern yang hampir selesai pengerjaannya itu.

Berbagai sarpras persemaian pantaunya. Seperti paket pembangunan green house (bangunan, meja bibit, sistem pipanisasi), paket shading house (bangunan, meja bibit dan sistem pipanisasi), open area (pipanisasi), embung, mesin dan rumah pompa,  serta sistem drainase.

Pada  kesempatan itu, pria yang kerap disapa Hanif itu memberi berbagai masukan, salah satunya agar layout rooting house dengan shading house disarankan searah, untuk memudahkan proses pergeseran bibit.

Saat berkeliling, ia mendapati ukuran polytube yang digunakan terlalu besar (konversi polybag ukuran 15 x 20 cm), sehingga akan mempersulit kegiatan handling. “Sebaiknya juga digunakan polytube ukuran kecil,” ujarnya seraya menambahkan harus ada petugas yang ada di sana.

Selain itu, ia menyarankan untuk penggunaan pipa HDPE untuk tahap pipanisasi persemaian. “Pipa ini dikenal tahan terhadap tekanan air. Waktu pakainya pun lebih lama dari pipa biasanya,” jelas Hanif.

Pos terkait

banner 468x60