Si Tangkai Panjang, Juara Durian di Kabupaten Tala

  • Whatsapp
Si Tangkai Panjang, Juara Durian di Kabupaten Tala

Wartaniaga.com, Pelaihari – Si Tangkai Panjang, sebutan nama buah durian milik Toniansyah warga Bentok Darat, Bati-bati, berhasil menyabet predikat juara I, sebagai durian terbaik se Kabupaten Tanah Laut.

Predikat itu tak lepas dari penilaian meliputi rasa dan aroma yang dimiliki durian Si Tangkai Panjang mampu mengungguli 64 durian lain yang berasal dari 9 kecamatan yang mengikuti kontes durian unggul lokal kabupaten Tanah Laut di halaman kantor Dinas Pertanian Hortikultura dan Perkebunan ( Distanhorbun ) Tanah Laut, Senin (13/1).

Juara Durian di Kabupaten Tala

Bupati Tanah Laut, Sukamta, yang membuka langsung kontes tersebut mengatakan, selain sebagai sarana mencari bibit unggul durian lokal, juga menjadi event wisata menarik bagi wisatawan pencinta durian untuk berkunjung ke Tanah Laut.

BACA JUGA:  Musidah Mendapatkan Rp 1 Juta Sehari

Lanjutnya, cita rasa yang dimiliki oleh durian Tanah Laut mempunyai ciri khas tersendiri yang tidak dimiliki oleh durian dari daerah lain, sehingga semakin banyak yang ingin membudidayakannya.

“Karena itu saya menghimbau kepada masyarakat, agar kekayaan hayati kita ini menjadi salah satu unsur pendapatan daerah,” jelas Sukamta.

Ditambahkannya, pohon dari buah durian yang menjadi juara nantinya akan dijadikan pohon induk yang menghasilkan benih untuk disebar luaskan ke petani sehingga bisa menjadi komoditas hayati.

Pos terkait