Sampah Meluber, Dinas Lingkungan Hidup Keluhkan Kurang Armada

  • Whatsapp
Sampah Meluber

Wartaniaga.com, Banjarmasin- Faktor melubernya sampah ke jalalanan dari TPS yang ada di Banjarmasin, tidak hanya karena ulah masyarakat dan pemulung. Namun soal armada juga menjadi perhitungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH)Kota Banjarmasin.

Menurut Kadis LH Kota Banjarmasin, Mukhyar, armada juga menjadi faktor. Pasalnya, 60 armada angkutan sampah dari TPS ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA), hanya mampu maksimal beroperasi separuhnya saja. Sementara jumlah TPS berjumlah 81 sehingga, pengangkutan tidak maksimal, tambahnya padatnya warga yang membuang sampah di malam hari.

Mukhyar berharap, agar persoalan armada tidak lagi menjadi masalah, dinasnya ingin armada ditambah paling sedikit 15 unit.

“Tapi soal penambahan armada itu perlu dana yang cukup besar, tidak mungkin sekaligus 15 unit,” katanya saat ditemui di ruangan kerjanya, Senin (30/12).

BACA JUGA:  Para Tokoh Ajak Perangi Anarkis, Radikalis dan Terorisme

Baca Juga : kunci jawaban lks intan pariwara kelas 11 semester 1 kurikulum 2013 tahun 2019

Mukhyar melanjutkan, kurangnya armada itu disiasati pihaknya dengan cara mencicil. Caranya adalah setiap tahun anggaran, pihaknya mengusul 5 unit armada yang diperuntukan menangani sampah dan sekaligus peremajaan armada.

“Kami hanya bisa mensiasati dengan menganggarkan 5 unit armada, duanya untuk sampah, tiganya untuk peremajaan. Dengan begitu bisa diatasi,” bebernya.

Sekretaris DLH, Zauhar Arif menambahkan, selain itu, pihaknya juga berinovasi dengan melakukan sistem pengurangan sampah dengan cara pemilahan sampah dari sumbernya. Dengan begitu, sampah yang dihasilkan dari rumah tangga berkurang.

Karena, program itu mengajarkan warga agar lebih sadar bahwa sampah disekitar bisa dipilah dan bernilai ekonomis.

BACA JUGA:  Komunitas Tangan Relawan, Bikin Rumah Singgah Penderita Kanker

“Jadi tidak lagi banyak sampah yang dibuang ke TPS bila menjalankan program pemilahan sampah itu,” cetusnya.

Seperti yang diketahui, melubernya sampah ke jalanan itu banyak ditemui saat malam hari seperti di Jalan Malkon Temon, Jalan Pramuka, Jalan Veteran, dan jalan lainnya.

Editor / Foto : Hamdani

Pos terkait