15 Panwascam Dilantik, Wajib Jaga Netralitas Pilkada 2020

  • Whatsapp
15 Panwascam Dilantik, Wajib Jaga Netralitas Pilkada 2020

Wartaniaga.com, Banjarmasin- Setelah melalui proses seleksi, Badan Pengawas Pemilu Kota Banjarmasin akhirnya menetapkan dan melantik 15 Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) yang akan bertugas disetiap kecamatan di Banjarmasin, Selasa (24/12).

Ketua Bawaslu Kota Banjarmasin Muhammad Yassar mengatakan, 15 orang Panwascam merupakan hasil dari selektif pihaknya. “Ada yang petahana, dan ada juga yang baru. Perbandingannya 60-40,” ujarnya disela pelantikan tersebut.

Yassar menjelaskan, awalnya peserta yang mendaftar berjumlah 173 orang, kemudian mereka harus melalui tahap seleksi administrasi, tes tertulis serta tes wawancara, sehingga pada akhirnya dipilih 15 orang.

Panwascam Banjarmasin dilantik

“Jadi setiap Kecamatan akan kita tugaskan 3 orang untuk menjadi pengawas pilkada di 2020 nanti,” ucapnya.

BACA JUGA:  Pengusaha Wanita Kalteng Silaturahmi ke Ipemi Kalsel

Menurutnya, para Panwascam yang terpilih tersebut merupakan individu yang sudah teruji memiliki kompetensi dan kenetralan dalam melakukan pengawasan. “Jangan ragu pada mereka, Panwascam yang sudah terpilih merupakan orang-orang yang memiliki integritas tinggi terhadap Pilkada nanti,” tegasnya.Panwascam Dilantik Pilkada 2020

Ia berharap bagi para panwascam yang sudah terpilih tetap mengutamakan integritas dan profesional dalam melaksanakan tugasnya. “Jangan mudah tergiur dengan iming-iming yang diberikan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, serta tetap menjaga kenetralan dalam melaksanakan tugas pengawasan Pilkada,” tandasnya.

Sementara itu, Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina menyebut, peran panwascam dalam Pilkada serentak nanti memang sangat dibutuhkan. Pasalnya, menurut orang Nomor 1 di Kota Baiman ini, setiap rangkaian pemilu memang harus diawasi secara ketat, sehingga tidak terjadi kecurangan dan tidak ada yang dirugikan.

BACA JUGA:  Bagi PKL yang ingin berdangan di Siring Tendean, Ini Syaratnya

“Dengan adanya Panwascam ini, semoga tidak sampai terjadi kecurangan dalam pelaksaan pemilu nanti, agar tidak ada yang merasa dirugikan akibat kecurangan tersebut,” jelasnya.

Ibnu menambahkan, pemilu akan berjalan sukses jika penyelanggara pemilu (KPU), Bawaslu, pemerintah kota, jajaran keamanan serta masyarakat bisa membangun kinerja yang solid dalam mewujudkan pesta demokrasi yang aman dan damai.

“Kualitas demokrasi kita harus meningkat, sehingga kesadaran masyarakat untuk berpatisipasi dalam Pilkada juga akan meningkat,” sambungnya.

Ia juga menyebut sudah mengkordinaskan pada para camat dan lurah agar bisa memfasilitasi Panwascam, agar tugas yang menjadi kewenangan para Pengawas demokrasi tersebut bisa berjalan baik dan lancar

Disamping itu, Mengenai pejabat pemko yang bekerja di SekretariatBawaslu, Ibnu Sina Hanya mengatakan tetap mempertahankan SDM Pemko yang diminta untuk ditugaskan di sekretariat Bawaslu Kota Banjarmasin. “Hal ini sudah sesuai dengan Permendagri untuk mempekerjakan SDM dari Pemko di Bawaslu, jadibtidak ada masalah dalm hal ini” pungkasnya.

BACA JUGA:  Cerdaskan Kehidupan Bangsa, Pemkab Tala Bikin Desa Sahabat Keluarga

Reporter : Zakiri
Editor : Hamdani
Foto : Zakiri

Pos terkait