Asap Tebal Selimuti Beberapa Daerah di Kalsel

Asap Tebal Selimuti Beberapa Daerah di Kalsel

Wartaniaga.com, Banjarbaru – Sejak pagi hingga sekarang ini kabut asap menyelimuti tiga Kota yakni Banjarmasin, Banjarbaru dan Martapura. Kondisi itu juga menjadi permasalahan lalu lintas.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Ketua pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalimantan Selatan, Wahyuddin Noor, mengatakan kabut asap tebal yang menerpa tiga kota tersebut disebabkan oleh hujan yang turun kemarin. Namun, pihaknya hingga kini sedang bergerak untuk melakukan pengecekan dengan tujuan mengurangi dampak dari asap itu.

“Dua hari lalu memang hujan turun, dan itulah sumber utama asap timbul, hari ini kita akan melakukan cek langsung kelapangan,” ujarnya kepada Wartaniaga.com, Kamis (3/10).

Asap Tebal Selimuti Beberapa Daerah di Kalsel

Ia juga menjelaskan hujan yang hanya beberapa kali terjadi tidak memberikan solusi dalam mengurangi kabut asap di kota tersebut, apalagi titik api yang besar beberapa hari lalu salah satu penyebab utama penumpukan asap.

“Dalam hal ini hujan yang tidak berangsur turun secara terus menerus tidak memberikan solusi dalam pengurangan asap, tapi kita akan datang kesejumlah titik yang menjadi penyebabnya,” bebernya.

Wahyu menambahkan empat hari kedepan pihaknya akan berusaha mengatasi masalah kabut asap yang hanya terjadi dikota Banjarbaru dan Martapura agar cepat terselesaikan.

“Mulai hari ini hingga tiga hari kedepan kita akan melakukan kegiatan pemberantasan kabut asap di Kota Banjarbaru dan sekitarnya,” ungkapnya.

Ia juga mengungkapkan, hujan dadakan yang baru dua hari terjadi disejumlah titik lahan terbakar di Banjarbaru merupakan penyumbang besar asap tersebut. Hal ini, menjadikan pihaknya untuk bergerak dalam menanggulangi kabut asap di wilayah tersebut.

“Saat ini kita sudah bersiap-siap untuk terjun disejumlah titik yang rawan terbakar dengan fasilitas yang ada, dan asap akan terus kami tanggulangi,” tutupnya.

Reporter : Riswan
Editor : Hamdani
Foto : Riswan

Pos terkait

banner 468x60