Banjarmasin Cetak Kue Sesunduk Lawang Terpanjang

Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina sedang memotong kue Susunduk Lawang

Wartaniaga.com,Banjarmasin-Satu lagi sejarah dicetak kota Banjarmasin, khsusunya bidang kuliner. Minggu (24/3) bersama Hotel Pyramid Banjarmasin pemkot Banjarmasin membuat kue Sesunduk Lawang yang merupakan salah satu kue khas Banjarmasin.

Kali ini, kue Sesunduk Lawang yang dibuat berhasil menjadi kue terpanjang yang pernah ada di Indonesia  dan  memcahkan rekor Indonesia yaitu sepanjang kurang lebih 120 meter.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

“Untuk pembuata wadai sesunduk lawang ini dikerjakan hanya dalam waktu 24 jam oleh empat orang” kata salah satu pembuat kue ini dari  Pyramid Suites Hotel.

Menurutnya, bahan-bahan yang diperlukan adalah tepung 20 kg, gula merah 20 kg, santan kelapa 10 liter, daun pisang 15 kg dan memasaknya hanya memakai panci. “ Sesuai dengan aslinya kami memasaknya hanya menggunakan bahan dan alat tradisional” jelasnya

Sementara itu, Walikota Banjarmasin H.Ibnu Sina meminta kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kota Banjarmasin  untuk mencatat dan mempublikasikan kembali dihari jadi Kota Banjarmasin pada bulan september mendatang.

“Pada hari jadi Kota Banjarmasin yang ke-493 mendatang tepatnya bulan september akan kita perlihatkan kembali prestasi membikin wadai Sesunduk Lawang yang panjangnya sekitar 120 meter ini” kata Ibnu.

Dikatakannya, wadai Sesunduk Lawang ini sudah ada sejak jaman dulu dan salah satu warisan atau ciri khas Kota Banjarmasin. “ Wadai Sesunduk Lawang yang dibikin oleh pihak Pyramid Hotel adalah termasuk rekor karena  terpanjang yaitu 120 meter” ucapnya.

Reporter : Alfian Noor.

Editor : Didin Ariyadi

Foto : Alfian Noor

 

Pos terkait

banner 468x60