1 views

Makanan Olahan Dapat Jadi Andalan Pemasukan Daerah

WartaNiaga.Com – Banjarmasin. Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan, Drs. H Birhasani mengatakan salah satu sektor perdagangan yang dapat diandalkan menjadi pemasukan bagi daerah adalah makanan olahan.

“Selain pertambangan dan perkebunan yang selama ini menjadi andalan, makanan olahan menjadi salah satu sektor yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan pemasukan daerah” ujarnya.

Terlebih lagi, menurutnya industri pariwisata daerah dalam beberapa tahun ini mulai meningkat, hal ini sangat berkaitan erat dengan produk makanan olahan khususnya yang menjadi ciri khas daerah.

Namun demikian, Birhasani &dak menampik perlu adanya perbaikan dan pembinaan agar produk tersebut dapat bersaingan dan dimina& dipasaran.

“Ada berbagai kelemahan produk makanan olahan kita, antara lain &dak mampu memproduksi dalam kapasitas yang banyak, sehingga apabila ada pesanan dalam jumlah cukup banyak seringkali menjadi kendala” katanya kepada Wartaniaga.com

BACA JUGA:  Pegadaian Penuhi Target 100 Persen di Akhir Tahun

Selain itu, kemasan yang masih tradisional menjadikan produk tersebut kalah bersaing dengan produk lain yang memiliki kemasan menarik. ‘ Banyak dari masyarakat kita membungkus makanannya terkesan seadanya, sehingga &dak menarik dan mudah rusak” ungkapnya.

Meski begitu, dirinya yakin apabila faktor kelemahan itu dapat ditanggulangi, produk makanan olahan daerah ini dapat bersaing dengan produk daerah lain dan menghasilkan pemasukan bagi daerah.

“Soal rasa produk makanan olahan daerah kita &dak kalah dengan yang lain, tetapi packacing masih perlu diperbaiki agar dapat bersaing dan menjadi salah satu sumber pemasukan bagi daerah” ujarnya berharap

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *