Bawaslu HSU Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu

Wartaniaga.com, Amuntai- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menggelar sosialisasi pengawasan penyelengaraan pemilu partisipatif di Hotel Jelita Tabalong, Minggu (21/01).

Sosialisasi itu diikuti sejumlah mahasiswa perguruan tinggi di Kabupaten HSU yang tergabung dalam berbagai organisasi.

Acara tersebut dibuka oleh Ketua Bawaslu Provinsi Kalimantan Selatan, Areis Mardiono, dihadiri Ketua Bawaslu HSU Marfa’i, S.Ag, M.AP dan narasumber dari Kesbangpol HSU H Amberani SH, MH, dan penggiat pemilu H Hamli.

Areis Mardiono, mengatakan, sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para adik-adik mahasiswa terkait penyelenggaraan pemilu.

Karena Bawaslu, diberikan amanah yang mana salah satu tugasnya menumbuhkan pengawasan partisipatif, karena sejatinya pemilu itu milik rakyat untuk menentukan pemimpinnya tanpa diwarnai kecurangan dan intimidasi dan juga manipulasi.

“Kepada mahasiswa yang berhadir dapat berpartisipasi memberikan pengawasan jalannya sarana kedaulatan rakyat agar tidak diwarnai dengan pelanggaran, khususnya politik uang,” ujarnya.

Ketua Bawaslu Kalimantan Selatan, juga berharap, melalui kegiatan ini adik-adik semakin paham dan semakin mantap sikapnya menolak politik uang, dan melaporkan politik uang, serta kecurangan lainnya.

“Dengan idealisnya yang masih terjaga, diharapkan mahasiswa menjadi bibit tumbuhnya pengawas partisipatif yang membuat publik peduli jalannya pesta demokrasi ini,” katanya.

Reporter : Darma Setiawan
Editor : Aditya

Pos terkait

banner 468x60