Raperda Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan Diusulkan

PARIPURNA: Ketua Bapemperda DPRD Kotabaru Suji Hendra membacakan alasan Raperda.

Wartaniaga.com Kotabaru- DPRD Kotabaru usulkan Raperda tentang Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan, Selasa (24/10).

Menjelaskan, alasan Pemkab mengusulkan Raperda ini karena Kotabaru belum mempunyai Perda yang mengatur terkait dengan pendidikan pancasila dan wawasan kebangsaan di Kotabaru.

Ini lanjutnya, sesuai dengan kewenangan pemerintah daerah yang diatur dalam ketentuan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Dengan dasar ketentuan Pasal 17 ayat (1) UU, No 23 tahun 2014, yang menyebutkan bahwa daerah berhak menetapkan kebijakan daerah untuk menyelenggarakan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah.

“Adapun penjelasan Pasal 17 ayat (1) UU No.23 tahun 2014 menyebutkan yang dimaksud dengan kebijakan daerah dalam ketentuan ini adalah perda, perkada, dan keputusan kepala daerah,” jelasnya.

Ditambahkannya, dalam pembentukan Raperda tentang pendidikan pancasila dan wawasan kebangsaan ini wajib berpedoman pada norma, standar, prosedur, dan kriteria yang ditetapkan oleh pemerintah pusat. Hal tersebut berdasarkan ketentuan pasal 17 ayat (2) UU No. 23 tahun 2014

“Yang menyebutkan bahwa daerah dalam menetapkan kebijakan daerah sebagaimana dimaksud pada ayat (1), wajib berpedoman pada norma, standar, prosedur, dan kriteria yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat,” tutupnya.

Reporter: Anaq.
Editor : Aditya

Pos terkait

banner 468x60